DESKRIPSI HABITUS DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK IPS SEKOLAH DASAR

Nanang Martono *,

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan habitus yang digambarkan dalam BSE mata pelajaran IPS SD. Keberadaan habitus tersebut diobservasi dalam beberapa kalimat dan gambar yang disajikan dalam BSE. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan memanfaatkan BSE IPS SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian materi dalam BSE IPS SD Iebih banyak menggambarkan atau menyajikan habitus kelas atas. Inilah yang ke-mudian disebut sebagai mekanisme kekerasan simbolik melalui materi pelajaran di sekolah. Kekerasan simbolik terjadi ketika siswa dari kelas bawah dipaksa untuk mempelajari habitus kelas atas.Mekanisme ini dapat terlihat jelas dalam beberapa kalimat dan gambar dalam BSE IPS yang sebagian besar hanya menggambarkan gaya hidup (habitus) masyarakat kelas atas. Sementara gaya hidup kelas bawah, sedikit sekali digambarkan dalam BSE IPS. Fenomena ini mengindikasikan terjadinya ketimpangan sosial dalam materi pelajaran. Habitus kelas bawah, mendapat porsi yang sangat sedikit dalam materi BSE.

Kata kunci: habitus, BSE, sekolah dasar, IPS, kekerasan simbolik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i02.3610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats