ANALISIS PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE
Reski Mai Candra, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Widad Ulfika Sari, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM), mengetahui tingkat usability-nya, dan memberikan rekomendasi perbaikan SIAM. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Riau mulai Februari hingga Juli 2019. Tahap awal pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung terhadap objek penelitian yaitu Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) UMRI. Sampel diambil menggunakan metode random sampling. Sebanyak 4.623 mahasiswa aktif pengguna SIAM Universitas Muhammadiyah Riau terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui tingkat usability, mengidentifikasi permasalahan, dan memberi rekomendasi perbaikan SIAM. Hasil penelitian menunjukan bahwa SIAM sudah acceptable atau dapat diterima oleh penggunanya dan memiliki skala nilai C+ dan memiliki rating good; dan fitur SIAM belum dirancang dengan baik; dan SIAM memiliki banyak inkonsistensi. Beberapa rekomendasi perbaikan dari beberapa pihak diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan bagi tim pengembang sistem dalam melakukan perbaikan usability system sehingga SIAM memiliki tingkat usability yang tinggi dan dapat mencapai kepuasan pengguna.
(THE ANALYSIS ON STUDENTS ‘ACADEMIC INFORMATION SYSTEM USING USABILITY SCALE SYSTEM)
This study was aimed at identifying the problems in the Student Academic Information System (SAIS), determining the level of usability, and providing recommendations for the improvement of SAIS. This study was conducted at Muhammadiyah Riau University from February to July 2019. The initial stage of data collection was carried out by direct observation of the research object, namely the UMRI SIAS. In determining the sample, from the random sampling, the 4,623 active students were taken a part in SAIS, Muhammadiyah University of Riau. This study was conducted using the System Usability Scale (SUS) method to determine the level of usability, identify problems, and provide recommendations for improvements to SIAS. The results show that SIAS is acceptable and feasible to its users. SIAS got C+ (good) rating scale since its functions and features are not well designed and has many inconsistencies. Some recommendations for improvement from several parties are expected to be used as a reference for the system development team in improving the usability of the system so that SIAS get a higher level of usability and can achieve user satisfaction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aelani, K., & Falahah. (2012). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire (Studi kasus: Aplikasi perwalian online STMIK “AMIK Bandung”). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2012.
Brooke, J. (1996). SUS: A “quick and dirty” usability scale. Dalam P. W. Jordan, B. Thomas, B. A. Weerdmeester, & A. L. McClelland (Eds.), Usability evaluation in industry (pp. 189-194). London: Taylor and Francis.
Brooke, J. (2013). SUS: A retrospective. Journal of Usability Studies, 8(2).
H. N., I. A., Santoso, P. I., & Ferdiana, R. (2015). Pengujian usability website menggunakan system usability scale. IPTEK-KOM, 17(1), 31-38.
Siagian, S. H. T., & Effiyaldi, E. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi akademik pada Stikes Prima Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 1282-1291.
Umri.”Universitas Muhammadiyah Riau”. Online diakses pada tanggal 19 September 2018. http://umri.ac.id/.2018
Widiatmoko, M. E., Suyanto, M., & Sofyan, A. F. (2015). Analisis sistem informasi dengan pendekatan usability (Studi Kasus Website STIMIK Amikom Yogyakarta). Jurnal Angkasa, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.21831/jps.v25i2.28763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Saintek
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 1412-3991 || e-ISSN: 2528-7036
Indexed by:
View My Stats