Analisis efektivitas Brainly sebagai platform e-learning untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA
Alfian Nur Aulida, Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Mohd Asrul Affendi bin Abdullah, Department of Mathematics and Statistics, Tun Hussein Onn University of Malaysia, Malaysia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran online yaitu Brainly terhadap minat belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear sederhana. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan kepada siswa setelah penerapan Brainly sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh efektivitas media pembelajaran Brainly dengan minat belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil koefisien regresi yang didapatkan bernilai positif. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Brainly dinilai efektif dan berpengaruh terhadap minat belajar siswa.
The effectiveness of Brainly as an e-learning platform to accelerate students' interest in mathematics
Abstract
This research aims to reveal the effectiveness of Brainly teaching media on student’s interest in mathematics. This research is quantitative in nature, applying the simple linear regression analysis method. The sample in this study is 35 respondents. The data were collected using a questionnaire distributed to students after the application of Brainly as a media of teaching. The results show that there is an effect of the effectiveness of Brainly teaching media on student’s learning interests, and this is evidenced by the positive values of the result of regression coefficients obtained. Therefore, from this result it can be concluded that the application of Brainly teaching media is influential to and effective in improving student’s learning interests.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning (PBL) pada topik sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444
Andira, T., Santoso, B., & Yusup, M. (2018). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun datar segiempat. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 88–98. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.16579
Billy, M. (2020). The influence of dynamic organizations and the application of digital innovations toeducational institutions in the world during the COVID-19 pandemic. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3588233
Chen, N.-S., Quadir, B., & Teng, D. C. (2011). Integrating book, digital content and robot for enhancing elementary school students’ learning of English. Australasian Journal of Educational Technology, 27(3). https://doi.org/10.14742/ajet.960
Choi, E., Borkowski, M., Zakoian, J., Sagan, K., Scholla, K., Ponti, C., Labedz, M., & Bielski, M. (2015). Utilizing content moderators to investigate critical factors for assessing the quality of answers on brainly, social learning Q&A platform for students: A pilot study. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 52(1), 1–4. https://doi.org/10.1002/pra2.2015.145052010069
Fadhil, M. (2019). Pengaruh pembiayaan modal kerja terhadap pendapatan usaha mikro, kecil dan menengah pada Koperasi Syariah Mitra Niaga[UIN Ar-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9524/
Ghozali. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Hernawati, K. (2012). Desain Elearning Adaptif Berbasis Cognitive Style Untuk Pembelajaran Matematika SMA Kelas XII IPA. Phytagoras, 7(1), 43–56. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/2835
Hikmah, N. (2017). Efektivitas media pembelajaran Edmodo terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi fisika kelas XI IPA SMAN 1 Tanete Rilau[Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4504
Kartika, H. (2014). Pembelajaran matematika berbantuan software MATLAB sebagaiupaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 21–33. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/119
Kusmana, A. (2011). E-learning dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(1), 35–51. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n1a3
Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas penggunaan E-learning berbasis Edmodo terhadap minat dan hasil belajar (Studi kasus di SMK Negeri Al Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50-56. https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4725
Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, S., & Mulyani, E. (2012). Analisis relevansi lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja. Jurnal Economia, 8(1), 42–52. https://journal.uny.ac.id/index.php/economia/article/view/800
Permatasari, I., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Efektivitas metode pembelajaran PQ4R ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 61–72. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33830
Radyati, A. (2020). Persepsi mahasiswa tentang E-learning google classroom berpengaruh pada minat dan motivasi belajar. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 88–93. https://www.journal.unindra.ac.id/index.php/teraputik/article/view/468
Rahmadika, S. (2014). Efektivitas penerapan media jejaring sosial Edmodo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem komputer[Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/6720
Ramadhani, S., & Pulungan, A. S. S. (2020). Analisis pemanfaatan Brainly sebagai sumber belajar online pada materi sistem koordinasi[Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/43882
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinnya. Rineka Cipta
Soekartawi. (2003). E-Learning di Indonesia dan Prospeknya di masa mendatang. Seminar Nasional ‘E-Learning Perlu E-Library.’
Sudibyo, A., & Wasis. (2013). Penggunaan media pembelajaran fisika dengan e-learning berbasis Edmodo Blog Education pada materi alat optik untuk meningkatkan respons motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 187–190. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/4292
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Pustaka baru press.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika terapan : Teori dan aplikasi dengan SPSS. ANDI.
Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). Penggunaan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.35724/mjme.v1i2.1376
DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.44875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:
Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X