DESAIN ELEARNING ADAPTIF BERBASIS COGNITIVE STYLEUNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA KELAS XII IPA

Kuswari Hernawati

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mempengaruhi sistem pendidikanmenuju paradigma pembelajaran baru dengan proses pembelajaran e-Learning. E-Learning adalahwujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Sistem elearningtelah banyak dikembangkan oleh berbagai lembaga pendidikan baik tingkat perguruan tinggimaupun sekolah. Sistem e-learning yang ada sekarang ini mulai dikembangkan denganmempertimbangkan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Model elearning adaptif berbasiskarakteristik peserta didik dikelompokkan menjadi dua yaitu AES-CS (Adaptive Educational Systembase on Cognitive Style) yang proses pembelajarannya diadaptasikan dengan cognitive style (gayakognitif) peserta didik dan AEHS-LS (Adaptive E-Learning Hypermedia System based on LearningStyles) yang proses pembelajarannya diadaptasikan dengan gaya belajar peserta didik. Elearning adaptifmodel AES-CS dapat juga dimanfaatkan untuk pembelajaran matematika SMA khususnya SMA kelasXII IPA. Dalam rancangan sistemnya proses pembelajarannya menggunakan bentuk DIL (DinamicIntelectual Learning), yaitu proses pembelajarannya diadaptasikan dengan tingkat kemampuan danpemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan.Kata kunci: elearning adaptif, cognitive style, matematika SMA kelas XII

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v7i1.2835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats