ANALISIS PENGARUH BEBAN, TATA CARA PEMUATAN DAN KECEPATAN TERHADAP KINERJA PENGEREMAN

Alfan Baharuddin, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Indonesia
Bambang Istiyanto, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Indonesia
Titis Galuh Nur Prasetyo, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Indonesia

Abstract


 Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia menurut Polri pada tahun 2023 sebesar 148.575. Penyebab kecelakaan tersebut, sebesar 61% karena faktor manusia, sebanyak 9% disebabkan faktor Mobil barangdan 30% disebabkan oleh faktor prasarana dan lingkungan. Mobil barang yang terlibat dalam kecelakaan meliputi sepeda motor sebanyak 73% dan angkutan barang sebanyak 12%. Salah satu upaya pengurangan penyebab kecelakaan lalu lintas, yang disebabkan oleh Mobil barangdengan dilaksanakan pemeriksaan kelaikan Mobil barangsecara berkala, khususnya pada kelaikan sistem pengereman mobil barang. Perkembangan sistem dan komponen rem antara lain dengan sistem LSPV. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variasi beban yang akan di uji, prosedur cara pemuatan beban dan tingkat kecepatan terhadap efisiensi pengereman pada mobil barang dengan sistem LSPV dan non-LSPV. Metode penelitian menggunakan cara eksperimen melalui Road Test dengan cara memberikan muatan beban yang berbeda, prosedur cara pemuatan dan tingkat kecepatan yang berbeda untuk mengukur jarak pengeremannya, kemudian data ini diubah menjadi efisiensi rem. Hasil penelitian menunjukkan saat Mobil barangmelaju pada kecepatan 40 km/jam dengan beban sesuai Jumlah Berat yang Diijinkan (JBI) dengan cara pemuatan merata di seluruh bak pada mobil barang dengan sistem rem LSPV diperoleh hasil efisiensi rem sebesar 77,7% dan sistem rem non-LSPV sebesar 59,6%. Kondisi ini terjadi karena sistem rem LSPV akan meningkatkan fungsi rem pada roda belakang saat saat muatan ditambah, sementara untuk Mobil barangnon-LSPV dengan bertambah beban muatan mengakibatkan efisiensi remnya menjadi berkurang. Dengan variasi beban muatan yang ditumpuk bagian bak depan ataupun belakang mengakibatkan efisiensi rem menjadi berkurang, karena sebagian besar beban muatan menumpuk di salah satu sumbunya. Dengan cara pemuatan yang teridstribusi merata di seluruh bak Mobil barangmengakibatkan beban merata di setiap sumbu Mobil barangsehingga efisiensi rem berfungsi maksimal. Laju kecepatan Mobil barangjuga mempengaruhi  efisiensi remnya, semakin tinggi kecepatan berakibat kurangnya efisiensi rem dan semakin rendah kecepatan efisiensi rem menjadi besar.

Kata Kunci : Jumlah berat yang diijinkan (JBI), Uji Rem, Tata Cara Pemuatan, Efisiensi Rem, LSPV

Keywords


umlah berat yang diijinkan (JBI), Uji Rem, Tata Cara Pemuatan, Efisiensi Rem, LSPV

Full Text:

PDF

References


Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan

Abdelkader, A. M. (2016). Using Road Test For Inspection Of An Automotive Engine. In Journal of Al Azhar University Engineering Sector (Vol. 11, Issue 38).

Baruddin Azdhar dkk. (2020). Analisis Pengaruh Kecepatan Terhadap Jarak Dan Waktu Pengereman Pada Mobil Hybrid Urban KMHE 2018. 9.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2021). Statistik Transportasi Darat 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

Beritasatu.com. (2023, 24 Juni). Truk Terguling di Cakung Diduga Kelebihan Muatan. Diakses pada 24 Juni 2023, dari https://www.beritasatu.com/megapolitan/1053382/truk-terguling-di-cakung-diduga-kelebihan-muatan

Beritasatu.com. (2023, 21 Desember). Truk Batu Bara Terbalik Karena Muatan Berlebih Sebabkan Kemacetan di Jalan Lintas Timur Muaro Jambi. Diakses pada 21 Desember 2023, dari https://www.beritasatu.com/network/jambilink/73997/truk-batu-bara-terbalik-karena-muatan-berlebih-sebabkan-kemacetan-di-jalan-lintas-timur-muaro-jambi

Gede, I., Lesmana, E., & Anugerah, T. H. (2019). Analisis Pengaruh Sistem Rem Mobil Grandmax Bak terbuka Type S402RP Terhadap Nilai Efisiensi Rem Pada Alat Uji Rem Iyasaka.

Giancoli, Douglas C., 2014. Fisika: Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2017). Rata-rata Tiga Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan Jalan. Diambil 12 Desember 2020, dari https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/ 10368/rata-rata-tiga-orang-meninggal-setiap- jam-akibat-kecelakaan-jalan/0/artikel_gpr

K.M. Jossy. (2011). Brake and Dynamometer. SSAS Institute of Technology

Kjemtrup, Kenneth S., 2010. Road Design and Tender. Danish Road Directorate.

Kumparan.com. (2023, 19 Desember). Detik-detik Pajero Masuk Jurang Tol Lampung, Diduga Karena Kecepatan Tinggi. Diakses pada 19 Desember 2023, dari https://kumparan.com/lampunggeh/detik-detik-pajero-masuk-jurang-tol-lampung-diduga-karena-kecepatan-tinggi-21nZxohRukb

Ogden, K. W. (1996). Safer roads. A guide to road safety engineering. Aldershot, UK: Avebury Technical.

Prasetyanto Dwi, S. W. (2011). Hubungan Perubahan Kecepatan Mobil barangDengan Jumlah Korban Kecelakaan Lalulintas. Jurnal Transportasi, 11.

Radityasani, M. F. (2020, November 13). Mengenal Dua Jenis Truk, Rigid Truck dan Tractor Hed. Dipetik Juli 6, 2022, dari Kompas.com




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i1.79384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats