Faktor-Faktor Keterlaksanaan Merdeka Belajar Pada Program Studi TKR SMK N di Blitar
Didik Nurhadi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Widiyanti Widiyanti, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alrakhman, R. (2022). Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Kewarganegaraan: Tantangan Dalam Penerapan Merdeka Belajar Di Era Disrupsi. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 14(1), 77-86. From https://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/view/561
Amalia, V. R., & Asbari, M. (2023). Merdeka Belajar: Solusi Awal Transformasi Pendidikan Indonesia?. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 62-67. From https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.630
Atmawati, A., Samsudi, S., & Sudana, I. M. (2017). Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Journal of Vocational and Career Education, 2(2). From https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13809.
Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data PKL (Praktek Kerja Lapangan) Di Devisi Humas Pada PT Pegadaian. Jurnal Intra Tech, 2(2), 12-26. From https://doi.org/10. 37030/jit.v2i2.33.
Cahyanti, S. D., & Indriayu, M. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2). From https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/ article/view/ 12143/0.
Fajaryati, N., Pambudi, S., Priyanto, P., Sukardiyono, T., Utami, A. D. W., & Destiana, B. (2015). Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 44-45. From http://dx.doi.org/10. 21831/elinvo.v1i1. 10878.
Firdaus, F. (2018). Manfaat Guru Tamu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK YPTN Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 205–216. From https://doi.org/10.31004/ jptam.v2i2.71.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PJBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PJBL dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. From https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/2694.
Hartoyo, A., Melati, R., & Martono, M. (2023). Dampak Perubahan Kurikulum Merdeka dan Kesiapan Tenaga Pendidik Terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 412-428. From https://doi.org/10. 31932/jpdp.v9i2.2773
Hayani, K., Yusrianti, S., & Dhuhri, S. (2023). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Life Skills di Sekolah Luar Biasa (SLB) Aneuk Nanggroe Kota Lhokseumawe. Journal of Islamic Education Leadership, 3(1). From https://doi.org/10.30984/ jmpi.v3i1.644.
Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri (Kajian aspek penhgelolaan pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57-69. From 10.2317/jpis.v26i1.2130.
Manurung, R. N. N. (2022). Peran Program Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kemandirian Mahasiswa melalui Kampus Mengajar. Journal on Education, 5(1), 591-600. From https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/654
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 7(1), 139-150. From https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363.
Maudyna, I. E., & Roesminingsih, E. (2023). Evaluasi Kesiapan Pendidik dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 637-648. From http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/ article/view/322.
Muharrom, M., Aslan, A., & Jaelani, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 3(1), 1-13. From http://jipkl.com/ index.php/ JIPKL/article/view/35.
Mujab, S., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1538-1545. From https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11166.
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377-384. From https://jurnal.ustjogja.ac.id/ index.php/wacanaakademika/article/view/ 13523.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75-94. From http://www.jurnal.staimuhblora. ac.id/index.php/pedagogy/article/view/116
Putri, D. P., & Djumanto, D. (2022). Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 8(1), 1-20. From https://doi.org/10.32923/edugama.v8i1.2468.
Putri, Y. S., & Arsanti, M. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Pemulihan Pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1). From https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27269
Qomari, S., Miyono, N., & Wuryandini, E. (2023). Manajemen Praktik Kerja Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Peserta Didik Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 48-59. From https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1379.
Ratna, P. (2023). Manajemen Kemitraan Program Pintar Bersama Daihatsu di SMK Negeri Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 17(1), 58-64. From https://doi.org/10.33369/mapen.v17i1.29619.
Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590-1598. From https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5463/4577.
Rosnita, R., Yanti, H., & Najmuddin, N. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar pada Sekolah Penggerak untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila pada SD Negeri 3 Ulim Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(3), 359-367. From https://doi.org/10.59188/covalue.v14i3.3684.
Susetyo, B., & Nugroho, A. E. (2023). Pembentukan Kreativitas Siswa melalui Metode Project Based Learning di SMP Regina Pacis Surakarta. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 5(1), 51-61. From https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i1.109.
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52-60. From https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409.
Widodo, B., Kuat, T., & Sayuti, M. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kelas Industri di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMK Pancasila Surakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22805-22819. From https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10209.
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26. From https://doi.org/10.55115 /edukasi.v3i1.2296
Zaini, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. CENDEKIA, 15(01), 123-136. From https://doi.org/10.37850/cendekia. v15i01.455.
Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177. From http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i2.69367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.