KONTRIBUSI MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PDTO PESERTA DIDIK KELAS X TKRO SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Arif Arif Hidayad, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui: 1) kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar; 2) kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar; 3) kontribusi minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini yakni penelitian ex-post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas X TKRO SMK Muhammadiyah Prambanan yang berjumlah 67 orang. Penelitian ini yakni penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang dipakai yakni angket serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai: 1) Uji prasyarat analisis; 2) analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan:  1) Terdapat kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar PDTO peserta didik dengan nilai kontribusi minat belajar sebesar 31,13%; 2) Terdapat kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar PDTO peserta didik dengan nilai kontribusi disiplin belajar sebesar 23,77%; 3) Terdapat kontribusi minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PDTO peserta didik dengan nilai kontribusi sebesar 54,9%.

Kata kunci: Minat Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Aji Wicaksono. (2019). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TSM A Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di SMK Muhammadiyah Pakem. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 93-114.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Febryan Edwin Nur Ramadhan. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRB SMKN 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1-14.

Fika Nurul Ulya. (2019). BPS: Pengangguran Meningkat, Lulusan SMK Mendominasi. Diambil tanggal 20 Desember 2019 dari https://amp.kompas.com/money/read/2019/11/05/155358926/bps-pengangguran-meningkat-lulusan-smk-mendominasi.

Nanang Setiawan. (2020). Pengembangan Modul Pada Mata Pelajaran Produkkreatif dan Kewirausahaan Untuk Siswa Kompetensikeahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK N 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 95-108.

Sagulu, K.Y. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ekonomi UNY.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sofan Amri. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sri Setiyati. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 200-207.

Sukiyasa, K & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 126-137.

Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog Dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 83-88.

Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset

Suyitno. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 101-109.

Tanindra Wijananto. (2018). Kontribusi Kelompok Teman Sebaya dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif. Skripsi. Fakultas Teknik UNY.

Tu’u Tulus. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Wiasarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.45565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats