PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Suharyadi Suharyadi Suharyadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukoco Sukoco Sukoco, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


SMK N 3 Yogyakarta berada di peringkat 21 dari 51 SMK Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta dan peringkat 7 dari 8 SMK Negeri yang ada di Kota Yogyakarta. Hal ini belum sesuai dengan tujuan yang direncanakan dalam visi sekolah. Terlihat dari nilai Penilaian Akhir Semester Ganjil pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan hanya 36% ketuntasan peserta didik. Hasil belajar cenderung rendah disebabkan motivasi belajar yang rendah dan cara belajar yang kurang baik. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian 104 peserta didik kelas XII. Uji coba instrumen dilakukan terhadap peserta didik kelas XI KR 4 dengan uji validitas korelasi Product Moment dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik yang signifikan, karena r2 hanya sebesar 0,8% dengan thitung 0,911; 2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar terhadap hasil belajar peserta didik, karena r2 hanya sebesar 1,5% dengan thitung 1,237; 3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar peserta didik karena R2 hanya sebesar 1,5% dengan Fhitung 0,758 (p>0.05).


Keywords


Motivasi Belajar; Cara Belajar; Hasil Belajar; SMK N 3 Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Afifi, M. & Sukaswanto (2020). Pengaruh Kompetensi Siswa dan Peran Serta BKK Terhadap Motivasi Untuk Bekerja di Bidang Otomotif Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2 (2), 61-70, from doi: https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i2.33615

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Danarjati, D.P., Murtiadi, & Ekawati, R. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. from http://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran/F5xjDwAAQ BAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Belajar+dan+Pembelajaran+2018+husamah&pg=PR2&printsec=frontcover

Indrawati, F. (2012). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3 (3), 215-223, from https://garuda.ristekbrin. go.id/documents/detail/746046

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Marsudi. (2016). Penerapan Model Konstruktivistik Dengan Media File Gambar 3D Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 23 (1), 16-27, from doi: https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9351

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21. Bandung: Alfa Beta

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sobandi, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Diksatrasia, 1 (2), 306-310, from http://core.ac.uk/display/228855335

Sugihartono, Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sukmadinata, N.S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukoco, Arifin, Z., Sutiman, & Wakhid, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22 (2), 215-226, from doi: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8937

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. from http://www.google.co.id/books /edition/Psikologi_Pendidikan/djQhEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Uyun,+M.,+%26+Warsah,+I.+(2021).+Psikologi+Pendidikan&pg=PR4&printsec=frontcover

Valentino, A., Buwono, S., & Aminuyati. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Jurusan Akuntansi di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2 (9), from https://jurnal.untan.ac.id/ index.php/jpdpb/article/view/3241

Wicaksono, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TSM A Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di SMK Muhammadiyah Pakem. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2 (1), 93-114, from doi: https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i1.33410

Widiasworo, E. (2017). Study Smart. Jakarta: PT Elex Media Komputindo




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i2.51662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats