HUBUNGAN KOMPETENSI MENCARI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY
Tawardjono Us, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Tafakur Tafakur,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kompetensi mahasiswa dalam mencari sumber
belajar; 2) mengidentifikasi jenis sumber belajar yang dicari dan digunakan mahasiswa; 3)
mengetahui jenis sumber belajar paling diminati dan digunakan mahasiswa; 4) mengetahui kaitan
antara sumber belajar yang digunakan dengan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan
penelitian survey. Sampel penelitian sebanyak 143 mahasiswa diambil secara simple random
sampling dari 376 populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif yang terdaftar pada tahun
perkuliahan 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dokumentasi hasil studi
mahasiswa, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan
analisis Chi-Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi mahasiswa dalam mencari
sumber belajar dalam kondisi yang cukup. Namun aspek kepemilikan sumber belajar dalam kondisi
rendah; 2) Jenis sumber belajar yang dicari dan digunakan mahasiswa dalam bentuk: bahan (89,5 3),
pesan (84,35), peralatan (77,00), lingkungan (75,47), orang (73,56), dan pendekatan (69,48); 3) Jenis
sumber belajar paling diminati berbentuk bahan; 4) Terdapat kaitan antara sumber belajar yang
digunakan dengan prestasi belajar mahasiswa.
Kata kunci: Kompetensi, Sumber belajar, Prestasi belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan dan Vokasi Otomotif
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.