Keefektifan PAUD inklusi pada kesiapan anak memasuki sekolah dasar

Yuni Dhamayanti, ECCD-RC Yogyakarta, Indonesia
Suparno Suparno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan PAUD penyelenggara pendidikan inklusif pada tingkat kesiapan anak dalam memasuki Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dan dilakukan di Labschool Rumah Citta yang merupa-kan PAUD penyelenggara pendidikan inklusif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Labschool Rumah Citta adalah PAUD dengan model pendidikan inklusif yang memfasilitasi anak-anak dari berbagai latar belakang sosial, budaya, ekonomi, agama, ras, dan kemampuan, termasuk anak berkebutuhan khusus. (2) Kurikulum Labschool Rumah Citta merupakan kuri-kulum yang disusun secara mandiri berdasarkan tahapan perkembangan anak, mengacu pada aspek-aspek perkembangan anak, serta memiliki beberapa kekhasan: inklusif, berpusat pada anak, mengembangkan kecerdasan jamak, pendidikan nilai, ramah lingkungan hidup, meng-hormati kearifan lokal, mandiri, dan keadilan gender. (3) Labschool Rumah Citta mengguna-kan pendekatan pembelajaran yang berorientasi dan berpusat pada anak/siswa (student-centered approach), serta menerapkan metoda pembelajaran yang mendorong kesiapan anak untuk memasuki SD, yang meliputi: main peran, praktek langsung, diskusi, kerja sama, peme-cahan masalah, ataupun kunjungan. (4) Kurikulum inklusi, yang ramah terhadap semua anak dan metode pembelajaran yang berpusat pada anak, efektif untuk mendorong kesiapan anak dalam memasuki SD.

Kata kunci: PAUD inklusif, kesiapan sekolah anak

 

The Effectiveness of Inclusive Early Childhood Care and Development (ECCD) on School Readiness of Child to Enter Primary School

 

Abstract

This research aims to reveal the effectiveness of the inclusive ECCD on the level of child readiness to enter primary school. This research was conducted qualitive approach. The object was Labschool Rumah Citta, the ECCD that implemented inclusive learning. The results of the study are as follows. (1) Labschool Rumah Citta is and ECCD applying the inclusive education model, and ready to facilitate children from different social backgrounds, cultures, economy, religions, races, and capabilities, including the children with  special needs. (2) The curriculum of Labschool Rumah Citta is compiled independently based on child development aspect, and has several peculiarities: inclusive, centered on children, developing multiple intelligence, values education, eco-friendly living, respect of local wisdom, independence, and gender. (3) Labschool Rumah Citta uses the student-centered approach and applies the methods of learning which encourage child's readiness to enter primary school, including: role play, direct practice, discussions, teamwork, problem solving, and visits. (4) The inclusive curriculum, which is child friendy and the learning methods that are suitable, with the characteristics of early childhood, is effective in encouraging children to enter primary school.

Keywords: inclusive early childhood care and development care, school readiness of child 


Keywords


PAUD inklusif; kesiapan sekolah anak

Full Text:

PDF

References


Adallila, S. (2010). Pentingnya pendidikan anak usia dini. Diakses 17 Mei 2012 dari http://sadidadallila.wordpress.com.

Funchs, D., and L. Funchs. (1968). Inclusive schools movement and the radical-ization of special education reform. Exceptional Children: 45

Irwanto. (2011). Final report. school readiness evaluation. UNICEF & Faculty of Psychology, Atmajaya Indonesian Catholic University. Jakarta.

Muijs, D. and Rutter, D. (2008). Effektive teaching: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta bekerja sama dengan Depdikbud.

Rutter, M. and Rutter, M. (1992). Developing minds. callenges and continuity across the life span. New York: basic Books

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Boston: Mc . Graw Hill.

Smith, J. David. (1998). Inclusion, school for all student. Wadsworth Publishing Company

Suhartini, Neni. (2009). Efektifitas PAUD berbasisi tematik. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung: 5

Wylie, C. (1998). Six years old and competent: The second satge of the competent children project-a summary




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat



JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats