Exploration of Teacher Perspectives on the Integration of Sustainable Development Goals and Systems Thinking in Chemistry Learning

Azzahra Nur Aziza, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rr. Lis Permana Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran kimia difokuskan pada Sustainable Development Goals, sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran yang salah satunya dapat melalui penguatan berpikir sistem. Oleh karenanya, penelitian ini ditujukan untuk mengeksplorasi pemahaman guru terkait sejauh mana pengaplikasian Sustainable Development Goals dan penguatan berpikir sistem dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei eksploratif kepada 6 guru kimia SMA di wilayah Klaten dan sekitarnya dengan teknik purposive sampling. Angket yang disebarkan kemudian dianalisis dengan teknik coding. Hasilnya, konten Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pembelajaran kimia belum dapat diimplementasikan oleh 1 dari 2 responden karena belum memahami konten SDGs, khususnya melalui penguatan berpikir sistem dalam pembelajaran kimia. Responden sepakat bahwa SDGs dan berpikir sistem dapat diaplikasikan melalui pengembangan bahan ajar seperti LKPD yang notabene dapat mendorong siswa untuk aktif saat diskusi di dalam kelas.

 



Keywords


Sustainable Development Goals, Berpikir sistem, Kimia

Full Text:

PDF

References


Alisjahbana, A.S. & Murniningtyas, E. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia: Konsep Target dan Strategi Implementasi. Bandung: Unpad Press.

da Silva Júnior, C. A. (2023). Triangular bipyramid metaphor (TBM), an imagetic representation for the awareness of inclusion in chemical education (ICE). Brazilian Journal of Development, 9(3), 10567-10578.

Gilbert, J. K., & Treagust, D. (2009). Introduction: Macro, submicro and symbolic representations and the relationship between them: Key models in chemical education. In J. K. Gilbert, & D. Treagust, Models and modeling in science education: Multiple representations in chemical education (pp. 1-8). Netherlands: Springer Science.

Johnstone, A. H. (1993). The development of chemistry teaching: A changing response to a changing demand. Journal of Chemical Education, 70(9), 701–705

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Tingkat SMA. Diakses melalui https://kurikulummerdeka.kemdikbud.go.id/sma

Kioupi & Voulvoulis. (2019). Education for Sustainable Development: A Systemic Framework for Connecting the SDGs to Educational Outcomes. Sustainability, 11 (21),6104.

Kisworo, B., Liliasari, S., & Mudzakir, A. (2021, March). The analysis of content teaching materials: identification of potential for developing systems thinking skills in coordination chemistry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012208). IOP Publishing.

Lestari, D. S. (2023). Pengaruh Environmental Awareness, Ecolabelling dan Green Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Green Product (Studi pada Konsumen Tisu Tessa di Kabupaten Karanganyar) (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).

Mahaffy, P. (2004). The Future Shape of Chemistry Education. Chemistry Education Research and Practice, 5(3), 229-245.

Mahaffy, P. (2006). Moving Chemistry Education into 3D: A Tetrahedral Metaphor for Understanding Chemistry. Union Carbide Award for Chemical Education. Journal of Chemical Education, 83(1), 49-55.

Rakhmawan, A., Firman, H., Redjeki, S., & Mulyani, S. (2018). Perbandingan capaian tiga level representasi kimia untuk dimensi kecerdasan majemuk yang berbeda pada siswa sma. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 1-7).

sma.kemdikbud.go.id. (2024). Kemendikbudristek Terbitkan Payung Hukum bagi Implementasi Kurikulum Merdeka secara Nasional. Diakses melalui https://sma.kemdikbud.go.id/berita/kemendikbudristek-terbitkan-payung-hukum-bagi-implementasi-kurikulum-merdeka-secara-nasional

Suryani, A. (2022). Penguatan Literasi Digital dalam Kurikulum Merdeka di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 45-5

Thaib, D. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka di SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 112-120.

UN Indonesia. (2017). Indicators and Data Mapping to Measure Sustainable Development Goals (SDGs) Targets. Diakses melalui https://indonesia.un.org/en/93073-indicators-and-data-mapping-measure-sustainable-development-goals-sdgs-targets

York, et. al. (2019). Application of System Thinking in STEM Education. Journal of Chemical Education, 96(12), 2679-3044. Doi: 10.1021/acs.jchemed.9b00261.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i1.74895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo