Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7239Keywords:
modul, guided inquiry, keterampilan proses, sikap ilmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry dalam pembelajaran IPA di SMP, (2) peningkatan keterampilan proses peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry, dan (3) peningkatan sikap ilmiah peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Kalasan dengan subjek penelitian adalah peserta didik SMP N 3 Kalasan kelas VII. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, angket, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul pembelajaran IPA berbasis guided inqury yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan memiliki kualitas yang sangat baik, (2) pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik, dan (3) pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik.
Kata kunci: modul, guided inquiry, keterampilan proses, sikap ilmiah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.