Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah

Penulis

  • Siska Puti Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Jumadi Jumadi Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7239

Kata Kunci:

modul, guided inquiry, keterampilan proses, sikap ilmiah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry dalam pembelajaran IPA di SMP, (2) peningkatan keterampilan proses peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry, dan (3) peningkatan sikap ilmiah peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Kalasan dengan subjek penelitian adalah peserta didik SMP N 3 Kalasan kelas VII. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, angket, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul pembelajaran IPA berbasis guided inqury yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan memiliki kualitas yang sangat baik, (2) pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik, dan (3) pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik.

Kata kunci: modul, guided inquiry, keterampilan proses, sikap ilmiah

Diterbitkan

2015-06-15

Cara Mengutip

Puti, S., & Jumadi, J. (2015). Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7239

Terbitan

Bagian

Articles