Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Learning terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Sistem Pernapasan

Maulida Fikriyah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
A’thy Inayaty Daroini, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
Eva Maulidiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia
Muntiasih Muntiasih, MTs Negeri 1 Sidoarjo, Indonesia
Nur Wakhidah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Indonesia

Abstract


Sistem pernapasan termasuk materi yang memuat banyak konsep dan bersifat abstrak karena mekanisme pernapasan terjadi di dalam tubuh. Pembelajaran dengan materi yang sangat banyak berpotensi untuk menimbulkan beban kognitif siswa. Penerapan model flipped learning diharapkan menurunkan beban kognitif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain menggunakan Post-Test Control Group Design. Pada kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model flipped learning dan  kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Sidoarjo yang berjumlah 320 orang. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling, dimana siswa setiap kelas diacak saat PPDB dan diadakan pengacakan kelas untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan data menggunakan tes pada materi sistem pernafasan. Analisis data hasil belajar menggunakan uji Mann-Whitney karena data hasil tes tidak terdistribusi normal. Analisis data memperlihatkan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan model flipped learning berjalan dengan baik, sehingga disarankan untuk mengajarkan materi dengan banyak konsep dan bersifat abstrak seperti sistem pernapasan.


Keywords


Flipped learning, Hasil belajar, Sistem pernapasan

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Alajlan, H. A. (2023). Performance, participation and perception of computer education students toward flipped learning. Technology, Knowledge and Learning, 28(3), 1175–1197.

Arief, M. (2022). Keterampilan Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MI/SD dan Sikap Ilmiah. Darussalam, 22(2).

Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89.

Aydin, B., & Demirer, V. (2022). Are flipped classrooms less stressful and more successful? An experimental study on college students. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1), 55.

Azra, U., Nurmaliah, C., & Huda, I. (2018). The differences in learning students outcome on the subject respiratory system by using audiovisual media in modern Islamic boarding school Banda Aceh. Jurnal Edubio Tropika, 6(1), 49–55.

Chen, C.-K., Huang, N.-T. N., & Hwang, G.-J. (2022). Findings and implications of flipped science learning research: A review of journal publications. Interactive Learning Environments, 30(5), 949–966.

Creswell, J. W. (2007). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Aproaches. SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781849208956

Cueva, A., & Inga, E. (2022). Information and communication technologies for education considering the flipped learning model. Education Sciences, 12(3), 207.

Dalimunthe, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa di MAS Muallimin Univa Medan. Unimed.

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 2(1), 71–84.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Guevara-Otero, N., Cuevas-Molano, E., Vargas-Perez, A. M., & Rivera, M. T. S. (2024). Evaluating face-to-face and online flipped learning on performance and satisfaction in marketing and communication students. Contemporary Educational Technology, 16(1), ep490.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Izzah, F. N., Khofshoh, Y. A., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., & Wakhidah, N. (2022). Analisis Faktor–faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 150–154.

Larson, M. P., & Linnell, J. (2023). Are Students Coming to Class Prepared? The Importance of Pre-Class Learning in a Flipped Classroom. Issues in Accounting Education, 1–23.

Lee, Y.-J., Davis, R., & Li, Y. (2022). Implementing Synchronous Online Flipped Learning for Pre-Service Teachers during COVID-19. European Journal of Educational Research, 11(2), 653–661.

Ramadhan, A. H., Fadillah, H., Khaliza, R., & Nasution, I. (2022). Penerapan kurikulum darurat sebagai strategi pendidikan dalam kondisi pandemic Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 401–407.

Ramadhani, R., Syahputra, E., & Simamora, E. (2023). Model Ethno–Flipped Classroom: Solusi Pembelajaran Fleksibel dan Bermakna. Indonesia Emas Group.

Sanusi, I. T., Oyelere, S. S., & Omidiora, J. O. (2022). Exploring teachers’ preconceptions of teaching machine learning in high school: A preliminary insight from Africa. Computers and Education Open, 3, 100072.

Sarumaha, Y. A., Zarvianti, E., Bahar, C., Rukhmana, T., Pertiwi, W. A., & Purhanudin, M. S. V. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 328–338.

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249.

Septian, A., Inayah, S., & Putri, M. M. (2022). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran flipped classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2787–2798.

Sholihat, D., & Anwar, A. (2023). Rumpun ilmu Pengetahuan Alam dalam Perspektif Islam dan Barat. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 676–686.

Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). Potensi pendidikan dan teknologi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 20–30.

Torres-Martín, C., Acal, C., El-Homrani, M., & Mingorance-Estrada, Á. C. (2022). Implementation of the flipped classroom and its longitudinal impact on improving academic performance. Educational Technology Research and Development, 70(3), 909–929.

Vijayakumaran, R. K., Ismail, R., & Jalil, N. A. (2022). Kaedah Flipped Learning terhadap minat, penglibatan, dan kefahaman pelajar Ekonomi: Flipped Learning Methods towards Interest, Involvement, and Understanding of Economics Student. Journal of ICT in Education, 9(1), 32–47.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.

Wakhidah, N. (2016). Analisis Kesulitan Mengajar Guru Kelas Pada Mata Pelajaran IPA Di MI Islamiyah Sidoarjo Dr. Journal of Islamic Elementary School (JIES) UIN Surabaya, 1(2), 15–23.

Wakhidah, N., Amaliyah, N. F., Inayah, N., & Erman, E. (2022). Information Search dalam Pembelajaran terhadap Literasi Sains: Studi pada Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 250–265.

Wakhidah, N., & Erman, E. (2021). Using Information Search Strategy to Reconstruct Students’ Biology Prior Knowledge. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 7(1), 84. https://doi.org/10.30870/jppi.v7i1.9994

Wakhidah, N., Erman, E., & Anugra, N. (2023). Perceptions of Prospective Teachers on Basic Competencies in Science at Madrasah Ibtidaiyah. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 4(2), 110–123.

Wakhidah, N., Erman, E., Widyaningrum, A., & Aini, V. N. (2021). Reflection Online Learning During Pandemic and New Normal: Barriers, Readiness, Solutions, and Teacher Innovation. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 464. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.31093




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i1.71191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo