Analisis Kebutuhan Pengembangan e-LKPD Berbasis STEM-PjBL pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Desma Linda, Universitas Jambi, Indonesia
Yusnaidar Yusnaidar, Universitas Jambi, Indonesia
Wilda Syahri, Universitas Jambi, Indonesia
Sugeng Triwahyudi, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Ilmu kimia merupakan salah satu mata pelajaran IPA yang mempelajari tentang suatu fenomena yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti materi koloid. Materi koloid sebagian bersifat kontekstual berhubungan erat  dikehidupan nyata. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran  kimia yakni model pembelajaran STEM-PjBL. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan e-LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi koloid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif kualitatif dengan menggunakan metode survei melalui angket kebutuhan peserta didik dan wawancara bersama guru kimia di SMAN 2 Muaro Jambi. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif.  Dari hasil penelitian  menunjukkan bahwa 66,7% peserta didik merasa kesulitan dalam mempelajari materi koloid. Semua peserta didik dan guru sangat setuju jika dikembangkan bahan ajar berupa e-LKPD berbasis STEM-PjBL sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik serta dapat dijadikan sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran oleh peserta didik baik disekolah maupun secara mandiri dirumah.

 

Kata Kunci: e-LKPD, STEM-PjBL, Koloid, Kemampuan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838

Aldila, C., Abdurrahman, & Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 107–115.

Awi, A., Meiliawati, R., & Wahyutami, S. (2020). Pemahaman Konsep Sistem Koloid Hasil Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan LKS Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Manuhing Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 51–62. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.73.

Dadi, I. K., I.W.Redhana, & & Juniartina, P. . (2019). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Sains Indonesia, 2, 70–79.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Huda, F., Putra, Y. I., Ridoh, A., & Hakiki. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X SMK Adzkia Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1–10.

Kamal, F. K. (2019). Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL ( Sciene , Technology , Engineering , and Mathematics- Project Based Learning ) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. 1–9.

Laboy-Rush, D. (2011). Integrated STEM education through project-based learning. Portland, United States of America: Sematinticscholar. org.

Lee, K.Y. & Lee, C.C. (2011). The Making of a Kinect-based Control Car and Its Application in Engineering Education. Journal of Computers and Applied Science Education.1(2), 31-38.

Lydiati, I. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran PjBL-STEM Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Ideguru, 4(2), 51–60. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/94.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.

Prayogi. J., Nurhamidah ., & Rohiat.S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Koloid Di Sman 4 Kota Bengkulu. Alotrop, 6(2), 142–150. https://doi.org/10.33369/alo.v6i2.25224

Putri, Kharisma Eka., & Sahari, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Jurnal PINUS, 3, 32–40.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistik. Alfabeta.

Roberts, A. (2012). A Justification for STEM Education. Technology and Engineering Teachere, May/June(June), 1–5. http://botbrain.com/index.

Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook Pada Materi Redoks Dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan STEM-PjBL Berbatuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V8n2.P234--250

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D., & Herman, T. (2008). Eksplorasi Matematika Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Karya Duta Wahana.

Syafe’i, S. S., & Effendi, E. (2020). Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, And Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Termokimia. Edukimia, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i2.a124.

Syahriningsih., Adnan, & St.Fatimah Hiola. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Di SMA. 431–436.

Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x.

Widana,W, I. (2020). The Effect of Digital Literacy on the Ability of Teachers to Develop HOTS-based Assessment. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.59399

Refbacks



Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo