Information For Readers

GUIDELINE PENULISAN ARTIKEL JPMS

1.    Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian atau kajian/pemikiran konseptual dalam bidang Pendidikan Matematika dan Sains. Artikel tersebut belum atau tidak sedang diproses  untuk dipublikasikan pada jurnal atau berkala lain, serta bukan duplikasi/plagiasi dari artikel lain.  Bila telah disajikan dalam forum seminar, harus disebutkan nama, tempat dan tanggal penyelenggaraan seminarnya.

2.    Artikel  hasil penelitian ditulis dengan urutan: (a) Segmen Judul, (b) Pendahuluan, (c) Metode Penelitian, (d) Hasil Penelitian dan Pembahasan; (e) Simpulan dan Saran; dan (f)  Daftar Pustaka. Segmen Judul memuat: judul penelitian, nama penulis, lembaga afiliasi, alamat email penulis, dan abstrak. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia, maksimum 14 kata dan Bahasa Inggris, maksimum 10 kata. Abstrak  ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Masing-masing abstrak terdiri dari 1 paragraf, maksimum 150 kata. Abstrak berisi tujuan, metode serta hasil penelitian, dan disertai kata kunci (memuat karakteristik permasalahan yang terdapat di dalam teks artikel, terdiri dari 1 atau lebih kata/frase, panjang maksimum 1 baris). Pendahuluan berisi unsur latar belakang atau analisis situasi, urgensi, dan tujuan penelitian. Metode Penelitian berisi: subjek atau sasaran penelitian, prosedur,  instrumen, dan teknik analisis data, atau hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya. Hasil Penelitian dan Pembahasan ditulis menyatu, artinya setiap unit data langsung dibahas. Simpulan dan Saran ditulis dalam 1 heading. Simpulan dapat berupa generalisasi fakta/temuan, dapat pula berupa jawaban permasalahan penelitian. Saran dapat berupa usul penyempurnaan, dapat pula berupa rekomendasi implikatif. Daftar pustaka ditulis mengikuti gaya APA, yang diatur tersendiri di bagian akhir dari Guideline ini.

3.    Artikel  kajian/pemikiran konseptual (atas permintaan dewan redaksi) ditulis dengan urutan: (a) Segmen Judul, (b) Pendahuluan, (c) Pembahasan, (d) Simpulan dan Rekomendasi; serta (e) Daftar Pustaka.  Segmen Judul memuat: judul penelitian, nama penulis, lembaga afiliasi, alamat email penulis, dan abstrak. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia, maksimum 14 kata dan Bahasa Inggris, maksimum 10 kata. Abstrak  ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Masing-masing abstrak terdiri dari 1 paragraf, maksimum 150 kata. Abstrak memuat tujuan/maksud pengkajian, skop/materi materi kajian, serta simpulan, dan disertai kata kunci (mencerminkan karakteristik permasalahan, terdiri dari 1 atau lebih kata/frase, panjang maksimum 1 baris). Pendahuluan mengandung unsur latar belakang dan atau urgensi kajian. Pembahasan memuat analisis dan diskusi terkait permasalahan dan atau materi yang dikaji. Simpulan berisi intisari kajian, dapat pula berupa jawaban permasalahan yang dikaji. Rekomendasi berupa usul implikatif atau tindak lanjut terkait materi yang dikaji. Daftar pustaka ditulis mengikuti gaya APA, yang diatur tersendiri di bagian akhir dari Guideline ini.

4.    Referensi artikel adalah berupa jurnal dan non-jurnal terbitan 10 tahun terakhir (sumber non-jurnal maksimal hanya 20%), atau up to date, sesuai masalah penelitian.

5.    Panjang naskah maksimum 15 halaman kuarto. Artikel  ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, diketik dalam 2 (dua) kolom (kecuali judul dan abstrak), dengan MS-Word huruf Times New Roman font 12, jarak at least 16 (atau 1,5 spasi). Margin Top dan left 1,5 cm, bottom dan right 1,2 cm. Jarak antarkolom 0,75 cm (contoh tata tulis dapat dilihat pada Template Artikel JPMS, yang dapat diakses dari JPMS FMIPA UNY.ac.id)

6.    Naskah print-out, dikirim melalui pos atau diserahkan langsung ke Dewan Penyunting, dengan alamat: Kantor JPMS, Gedung Timur/Eks Kantor JICA,  Kampus FMIPA UNY, Karangmalang, Yogyakarta 55281, Telp. (0274) 586168, psw. 218 dan 219, Email address: jpmsfmipauny@gmail.com.

7.    Untuk naskah yang telah disetujui untuk dimuat, penulis diharuskan mengirimkan CD berisi soft copy (atau attached-file email) artikel terevisi/terbaru beserta print-outnya.

8.    Klasifikasi penerimaan artikel:

a.    Diterima tanpa perbaikan.

b.    Diterima dengan perbaikan.

c.    Ditolak.

9.    Naskah dan file artikel yang tidak dimuat dapat diperoleh kembali oleh penulis apabila diminta.

10. Cara penunjukan atau penulisan sumber acuan dalam teks:

a.  Langsung dari penulis:

1)    Menurut Mitchell, dkk.,  (1986:p) ada 14 elemen yang mencerminkan perilaku kreatif,  yaitu .............

2)    ......, dalam bentuk makro molekul makro maupun molekul mikro (Towle, 1989).

b. Pendapat seseorang yang telah dikutip oleh seorang penulis:

1)    Towle (Bambang Subali, 1994) menyatakan bahwa ...............

2)    ......, sebagaimana yang dikemukakan oleh Towle (Bambang Subali, 1994).

c.  Langsung dari penulis yang karyanya diedit oleh seorang editor:

1)    Sofian Effendi (Masri Singarimbun, 1982) menyatakan bahwa .......

2)     ..... hal yang penting untuk diperhatikan dalam penyusunan kurikulum, seperti dituturkan oleh King (Meyer, 1988).

11. Penulisan sumber acuan dalam Daftar Pustaka:

a.  Dari buku teks:

Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.

b.  Dari buku teks yang dirangkum oleh editor.

Sofian Effendi. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

c.  Dari buku terjemahan

Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.

d.  Dari skripsi/tesis/desertasi

Slsmet Suyanto (2009). Keberhasilan Sekolah dalam Ujian Nasional Ditinjau dari Organisasi Belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.

e.   Dari jurnal:

Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal  of   Biological  Education, 26 (1), 14-17.

f.  Dari kumpulan abstrak penelitian atau proceeding:

Paidi. (2008). Urgensi Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Metakognitif Siswa SMA melalui Pembelajaran Biologi. Prosiding, Seminar dan Musyawarah Nasional MIPA yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY, tanggal 30 Mei 2008.  Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

g. Dari internet

White, H. (2007). Problem-Based Learning in Introductory Science Across Disciplines. Diakses tanggal 27 Maret 2007 dari http://www.udel.edu/chem/white/finalrpt.html.

NB:  Untuk hal-hal lain yang belum tercantum dalam pedoman penulisan daftar pustaka ini, bisa dilihat pada Publication Manual of the American Psycological Association, edisi IV ata


 



ISSN: 1410 - 1866