Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek Etnosains pada Kajian Jamu Tradisional
Laily Rochmawati Listiyani, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarwati, P. G. P., Sajidan, S., & Prayitno, B. A. (2018). Problem-based learning module of environmental changes to enhance students’ creative thinking skill. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 10(2), 313–319.
Atmojo, S. E. (2012). Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran ipa berpendekatan etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan model pembelajaran ipa terintegrasi etnosains untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128.
Hayati, M. N., Supardi, K. I., & Miswadi, S. S. (2013). Pengembangan pembelajaran IPA SMK dengan model kontekstual berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).
Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning model) pada pembelajaran fisika disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128.
Kushargina, R., Yunieswati, W., & Rizqiya, F. (2021). Kebiasaan konsumsi minuman remaja untuk imunitas tubuh. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA) Vol, 3(3).
Mustarichie, R., Ramdhani, D., & Indriyati, W. (2017). Analysis of forbidden pharmaceutical compounds in antirheumatic jamu. Asian J Pharm Clin Res, 4(10), 98–101.
Pasandaran, R. F., Kartika, D. M. R., & Masni, E. D. (2018). Pengembangan lembar kerja mahasiswa (lkm) pada pembuktian dalil-dalil segitiga. Prosiding, 3(1).
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational Design Research, 11–50.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan bahan ajar tematik. Yogyakarta: Diva Press.
Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis etnosains tema energi dalam kehidupan untuk menanamkan jiwa konservasi siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2).
Rohaeti, E., Lfx, E. W., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1).
Rokhimawan, M. A. (2016). Pengembangan lkm berbasis keterampilan proses sains pada mata kuliah pembelajaran ipa mi 1. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1).
Romadhona, N. (2021). Desain Interior ‘Acaraki’Pusat Jamu Jawa Dengan Konsep Jamu Kekinian di Tawangmangu.
Saparini, S., Wiyono, K., & Ismet, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Untuk Melaksanakan Praktikum Secara Virtual Laboratory Pada Materi Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 1–17.
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166.
Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20–33.
Septiana, S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20–33.
Septiani, D., & Listiyani, L. R. (2021). Inovasi Modul Etnosains: Jamu Tradisional Sebagai Pembelajaran Berbudaya dan Melek Sains. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 288–297.
Susanah, S. (2019). Pengembangan lembar kegiatan mahasiswa matematika dasar. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 7–12.
Trisianawati, E., & Darmawan, H. (2017). Pengembangan lembar kegiatan mahasiswa berbasis model guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 60–71.
Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).
Widyowati, R., & Agil, M. (2018). Chemical constituents and bioactivities of several Indonesian plants typically used in Jamu. Chemical and Pharmaceutical Bulletin, 66(5), 506–518.
Wulandari, R. A., & Azrianingsih, R. (2014). Etnobotani jamu gendong berdasarkan persepsi produsen jamu gendong di desa karangrejo, kecamatan kromengan, kabupaten malang. Biotropika: Journal of Tropical Biology, 2(4), 198–202.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.50012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Devi Septiani, Laily Rochmawati Listiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: