E-Modul Analitical Mechanics Problem Based Learning: Alternatif untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Analisis Siswa
Endang Tri Adiningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rashinatun Kaffah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bayu Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul Analitical Mechanics Problem Based Learning yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian menggunakan bagian R&D. Instrumen yang digunakan adalah angket uji kelayakan modul dan angket uji validasi. Validatornya adalah enam dosen fisika dari Universitas Negeri Yogyakarta. Soal-soal dalam modul ini telah memenuhi indikator kemampuan berpikir analitis berdasarkan taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Analitical Mechanics Problem Based Learning secara umum layak untuk digunakan pada pembelajaran Fisika. Modul ini memiliki skor kelayakan umum 4,3 sehingga termasuk dalam kategori layak. Hasil uji validitas soal diperoleh skor CVR 1 sebagai skor sempurna pada semua sub indikator. Jadi, himpunan soal dalam modul ini valid. Soal-soal dalam modul termasuk dalam kategori sangat berguna. Sehingga, baik modul maupun soal dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analisis siswa pada materi Mekanika Analitik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman,.
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 38-48.
Azwar S. RELIABILITAS DAN VALIDITAS ITEM. Bul Psikol. 2016;3(1).
Carriger, M. S. (2015). Problem-based learning and management development–Empirical and theoretical considerations. The International Journal of Management Education, 13(3), 249-259.
Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. 1–14.
Erny, E., Haji, S., & Widada, W. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., dan Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Teachers of Expectional Children Minneapolis Training. Minnesota: Leadership Training Institute/ Special Education, University of Minnesota.
Gómez-Pablos, V.B., Pozo, M.M., & Muñoz-Repiso, A.G. 2017. Project-based learning (PBL) through the incorporation of digital technologies: An evaluation based on the experience of serving teachers. Comput. Hum. Behav., 68, 501-512.
Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., ... & Aini, S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).
Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: a brief, exploratory study. Journal of Science Communication, 8(4), A02.
Werth, E. P. (2009). Student perception of learning through a problem‐based learning exercise: an exploratory study. Policing: An International Journal of Police Strategies & Management.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Riyan - Prastowo, Endang Tri Adiningsih, Rashinatun - Kaffah, Bayu - Setiaji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: