Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Hukum Kekekalan Momentum: Uji Kelayakan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42084Keywords:
kelayakan, media, interaktif, Articulate Storyline 3Abstract
Suatu pembelajaran yang berkualitas adalah ketika pendidik dapat menempatkan perannya dengan baik dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang dilakukan ialah menciptakan media pembelajaran yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif menggunakan software Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA terhadap hukum kekekalan momentum dan mengetahui hasil validasi/kelayakan media pembelajaran berbasis software Articulate Storyline 3. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah guru SMA dan dosen ahli di bidang pendidikan fisika. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dengan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media yang digunakan sangat layak dengan indeks 4,3 dan materi cukup layak disajikan dengan indeks 3,8. Kemudian untuk instrumen latihan soal diperoleh rata-rata indeks sebesar 0,79 yang mana hal tersebut menjelaskan bahwa latihan soal terbukti valid untuk meningkatkan pemahaman konsep siswaReferences
Anderson, Lorin W et al. 2001. Taxonomy For_ Assessing a Revision 0F Bl00M'S Tax0N0My 0F Educati0Nal Objectives. https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf.
Basya, Yuhan Futri, Aulia Faqih Rifa'i, and Nurul Arfinanti. 2019. "Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep." Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika 1(1).
Batlolona, J R. 2016. "Hasil Belajar Kognitif Dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Listrik Dinamis Dengan Menerapkan Media Interaktif." Jurnal Pendidikan IPA Pascasarjana UM 1(1).
Hanafi. 2017. "Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan." Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman 4(2): 130. https://www.researchgate.net/publication/335227473_Research_and_Development_RD_Inovasi_Produk_dalam_Pembelajaran.
Harjono, Ahmad, Gunawan, and Sutrio. 2015. "Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru." Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1): 9–14.
Hendryadi, Hendryadi. 2017. "Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner." Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 2(2): 169–78.
M. Farouq Hussien, Abdurrahman, Agus Suyatna. 2018. "Pengembangan Multimedia Interaktif Hukum Kekekalan Momentum Sudut Menggunakan Macromedia Flash Pada Siswa Kelas Xi." (1): 175–84.
Makhrus, Muhammad, Ahmad Harjono, Abdul Bahri Syukur, and Syamsul Muntari. 2018. "Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP." Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan 3(2): 124–28.
Partono, Joko, Yosi Wulandari, and Purwani Indyastuti. 2020. "Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik." : 1551–59. http://eprints.uad.ac.id/21570/1/7. joko partono %281551-1559%29.pdf.
Sugiharni, Gusti Ayu Dessy. 2018. "Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving." Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 2(2): 88.Basya, Yuhan Futri, Aulia Faqih Rifa'i, and Nurul Arfinanti. 2019. "Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep." Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika 1(1).
Rosyidah, Nurlaili, Jefri Nur Hidayat, and Lutfiana Fazat Azizah. 2019. "UJI KELAYAKAN MEDIA URISCRAP (URI SCRAPBOOK) MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN 4D." LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 9(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.