Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Hukum Kekekalan Momentum: Uji Kelayakan

Authors

  • Syarifa Nurmarwaa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Adela Ocha Raraningrum Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sekar Irma Wardani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42084

Keywords:

kelayakan, media, interaktif, Articulate Storyline 3

Abstract

Suatu pembelajaran yang berkualitas adalah ketika pendidik dapat menempatkan perannya dengan baik dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang dilakukan ialah menciptakan media pembelajaran yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif menggunakan software Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA terhadap hukum kekekalan momentum dan mengetahui hasil validasi/kelayakan media pembelajaran berbasis software Articulate Storyline 3. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah guru SMA dan dosen ahli di bidang pendidikan fisika. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dengan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media yang digunakan sangat layak dengan indeks 4,3 dan materi cukup layak disajikan dengan indeks 3,8. Kemudian untuk instrumen latihan soal diperoleh rata-rata indeks sebesar 0,79 yang mana hal tersebut menjelaskan bahwa latihan soal terbukti valid untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

Author Biographies

Syarifa Nurmarwaa, Universitas Negeri Yogyakarta

Syarifa Nurmarwaa was born in Cilacap on June 04, 2002, currently studying for a bachelor's degree at Yogyakarta State University majoring in Physics Education. Currently Sekar is not working anywhere. Contacts that can be contacted are +6289525398532 (WA), syarifa9207fmipa.2019@student.uny.ac.id

Adela Ocha Raraningrum, Universitas Negeri Yogyakarta

Adela Ocha Raraningrum, born in Blitar on March 25, 2001. Currently studying Bachelor of Physics Education at Yogyakarta State University. Author can be contacted by email : adelaocha.2019@student.uny.ac.id

Sekar Irma Wardani, Universitas Negeri Yogyakarta

Sekar Irma Wardani was born in Magelang on July 18, 2001, currently studying for a bachelor's degree at Yogyakarta State University majoring in Physics Education. Currently Sekar is not working anywhere. Contacts that can be contacted are 081234476345 (WA), sekarirma.2019@student.uny.ac.id

Bayu Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta

Nama: Bayu Setiaji M.Pd
Ttl: Jakarta, 18 Mei 1994
S1: Pendidikan Fisika UNY
S2: Pendidikan Fisika UNY
Afiliasi: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY
Email: bayu.setiaji@uny.ac.id
No telp: 087715166678

References

Anderson, Lorin W et al. 2001. Taxonomy For_ Assessing a Revision 0F Bl00M'S Tax0N0My 0F Educati0Nal Objectives. https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf.

Basya, Yuhan Futri, Aulia Faqih Rifa'i, and Nurul Arfinanti. 2019. "Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep." Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika 1(1).

Batlolona, J R. 2016. "Hasil Belajar Kognitif Dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Listrik Dinamis Dengan Menerapkan Media Interaktif." Jurnal Pendidikan IPA Pascasarjana UM 1(1).

Hanafi. 2017. "Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan." Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman 4(2): 130. https://www.researchgate.net/publication/335227473_Research_and_Development_RD_Inovasi_Produk_dalam_Pembelajaran.

Harjono, Ahmad, Gunawan, and Sutrio. 2015. "Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru." Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1): 9–14.

Hendryadi, Hendryadi. 2017. "Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner." Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 2(2): 169–78.

M. Farouq Hussien, Abdurrahman, Agus Suyatna. 2018. "Pengembangan Multimedia Interaktif Hukum Kekekalan Momentum Sudut Menggunakan Macromedia Flash Pada Siswa Kelas Xi." (1): 175–84.

Makhrus, Muhammad, Ahmad Harjono, Abdul Bahri Syukur, and Syamsul Muntari. 2018. "Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP." Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan 3(2): 124–28.

Partono, Joko, Yosi Wulandari, and Purwani Indyastuti. 2020. "Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik." : 1551–59. http://eprints.uad.ac.id/21570/1/7. joko partono %281551-1559%29.pdf.

Sugiharni, Gusti Ayu Dessy. 2018. "Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving." Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 2(2): 88.Basya, Yuhan Futri, Aulia Faqih Rifa'i, and Nurul Arfinanti. 2019. "Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep." Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika 1(1).

Rosyidah, Nurlaili, Jefri Nur Hidayat, and Lutfiana Fazat Azizah. 2019. "UJI KELAYAKAN MEDIA URISCRAP (URI SCRAPBOOK) MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN 4D." LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 9(1).

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Nurmarwaa, S., Raraningrum, A. O., Wardani, S. I., & Setiaji, B. (2022). Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Hukum Kekekalan Momentum: Uji Kelayakan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 35–42. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42084

Issue

Section

Articles