Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Mekanika Analitik

Entina Nesti Kusairoh, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ratna Rahmawati, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nadia Sari, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bayu Setiaji, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pemanfaatan teknologi dan komunikasi dalam pembelajaran semakin menguatkan alasan pengembangan dan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat juga mempermudah untuk memahami berbagai pembelajaran yang dirasa sulit salah satunya dengan menggunakan video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika analitik agar mempermudah peserta didik dalam belajar serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial yang dibuat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika dan dosen ahli di bidang pendidikan fisika. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner analisis data kuantitatif.


Keywords


media, mekanika analitik, pembelajaran, video tutorial

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101.

Aprila, A., Laut, D. M., Nurnaningsih, H., & Herijulianti, E. (2020). Description of conceptualization and troubleshooting after seeing tutorial video brushing dental with modified stillman techniques. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 1(1), 146-153.

Ariska, M., Akhsan, H., & Muslim, M. (2020). Analisis dinamika stroller (Kereta Bayi) dengan metode port-controlled Hamiltonian system (PCHS) berbasis komputasi fisika. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 4(2), 77-84.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis pengaruh media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81-89.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.

Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu penyusunan skala sikap model Likert untuk mengukur sikap siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 292-304.

Mu’minah, I. H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA pada masa pandemi covid-19. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1197-1211.

Panji, F. (2022). Pengembangan Sistem informasi kehadiran siswa berbasis website. Juwara: Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(2), 136-145.

Rahmadri, R. (2021). Penggunaan media video tutorial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PJOK materi senam lantai di kelas VII SMPN9 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2020/2021. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 113-120.

Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan pengembangan media pembelajaran model 4D pada guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-22.

Reza, S. A., & Nora, D. (2022). Penggunaan media internet sebagai sumber belajar di kalangan peserta didik kelas XII IPS di SMA Pertiwi 1 Padang pada masa pandemi Covid-19. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 11-19.

Shofa, M. I., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis argument mapping. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(1), 31-40.

Sulastri, S., Puspaningtyas, M., & Sulikah, S. (2020). Media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMKN 12 Malang. Prosiding Hapemas, 1(1), 411-417.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Entina Nesti Kusairoh, Ratna Rahmawati, Nadia Sari, Bayu Setiaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo