Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Mekanika Analitik
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42135Keywords:
media, mekanika analitik, pembelajaran, video tutorialAbstract
Pemanfaatan teknologi dan komunikasi dalam pembelajaran semakin menguatkan alasan pengembangan dan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat juga mempermudah untuk memahami berbagai pembelajaran yang dirasa sulit salah satunya dengan menggunakan video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika analitik agar mempermudah peserta didik dalam belajar serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial yang dibuat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika dan dosen ahli di bidang pendidikan fisika. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner analisis data kuantitatif.
References
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101.
Aprila, A., Laut, D. M., Nurnaningsih, H., & Herijulianti, E. (2020). Description of conceptualization and troubleshooting after seeing tutorial video brushing dental with modified stillman techniques. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 1(1), 146-153.
Ariska, M., Akhsan, H., & Muslim, M. (2020). Analisis dinamika stroller (Kereta Bayi) dengan metode port-controlled Hamiltonian system (PCHS) berbasis komputasi fisika. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 4(2), 77-84.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis pengaruh media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81-89.
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.
Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu penyusunan skala sikap model Likert untuk mengukur sikap siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 292-304.
Mu'minah, I. H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA pada masa pandemi covid-19. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1197-1211.
Panji, F. (2022). Pengembangan Sistem informasi kehadiran siswa berbasis website. Juwara: Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(2), 136-145.
Rahmadri, R. (2021). Penggunaan media video tutorial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PJOK materi senam lantai di kelas VII SMPN9 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2020/2021. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 113-120.
Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan pengembangan media pembelajaran model 4D pada guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-22.
Reza, S. A., & Nora, D. (2022). Penggunaan media internet sebagai sumber belajar di kalangan peserta didik kelas XII IPS di SMA Pertiwi 1 Padang pada masa pandemi Covid-19. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 11-19.
Shofa, M. I., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis argument mapping. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(1), 31-40.
Sulastri, S., Puspaningtyas, M., & Sulikah, S. (2020). Media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMKN 12 Malang. Prosiding Hapemas, 1(1), 411-417.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.