Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Hukum Kekekalan Momentum: Uji Kelayakan

Syarifa Nurmarwaa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Adela Ocha Raraningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sekar Irma Wardani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bayu Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Suatu pembelajaran yang berkualitas adalah ketika pendidik dapat menempatkan perannya dengan baik dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang dilakukan ialah menciptakan media pembelajaran yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif menggunakan software Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA terhadap hukum kekekalan momentum dan mengetahui hasil validasi/kelayakan media pembelajaran berbasis software Articulate Storyline 3. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah guru SMA dan dosen ahli di bidang pendidikan fisika. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dengan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media yang digunakan sangat layak dengan indeks 4,3 dan materi cukup layak disajikan dengan indeks 3,8. Kemudian untuk instrumen latihan soal diperoleh rata-rata indeks sebesar 0,79 yang mana hal tersebut menjelaskan bahwa latihan soal terbukti valid untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

Keywords


kelayakan, media, interaktif, Articulate Storyline 3

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin W et al. 2001. Taxonomy For_ Assessing a Revision 0F Bl00M’S Tax0N0My 0F Educati0Nal Objectives. https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A taxonomy for learning teaching and assessing.pdf.

Basya, Yuhan Futri, Aulia Faqih Rifa’i, and Nurul Arfinanti. 2019. “Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep.” Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika 1(1).

Batlolona, J R. 2016. “Hasil Belajar Kognitif Dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Listrik Dinamis Dengan Menerapkan Media Interaktif.” Jurnal Pendidikan IPA Pascasarjana UM 1(1).

Hanafi. 2017. “Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan.” Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman 4(2): 130. https://www.researchgate.net/publication/335227473_Research_and_Development_RD_Inovasi_Produk_dalam_Pembelajaran.

Harjono, Ahmad, Gunawan, and Sutrio. 2015. “Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1): 9–14.

Hendryadi, Hendryadi. 2017. “Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 2(2): 169–78.

M. Farouq Hussien, Abdurrahman, Agus Suyatna. 2018. “Pengembangan Multimedia Interaktif Hukum Kekekalan Momentum Sudut Menggunakan Macromedia Flash Pada Siswa Kelas Xi.” (1): 175–84.

Makhrus, Muhammad, Ahmad Harjono, Abdul Bahri Syukur, and Syamsul Muntari. 2018. “Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP.” Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan 3(2): 124–28.

Partono, Joko, Yosi Wulandari, and Purwani Indyastuti. 2020. “Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” : 1551–59. http://eprints.uad.ac.id/21570/1/7. joko partono %281551-1559%29.pdf.

Sugiharni, Gusti Ayu Dessy. 2018. “Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 2(2): 88.Basya, Yuhan Futri, Aulia Faqih Rifa’i, and Nurul Arfinanti. 2019. “Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep.” Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika 1(1).

Rosyidah, Nurlaili, Jefri Nur Hidayat, and Lutfiana Fazat Azizah. 2019. “UJI KELAYAKAN MEDIA URISCRAP (URI SCRAPBOOK) MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN 4D.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 9(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syarifa Nurmarwaa, Adela Ocha Raraningrum, Sekar Irma Wardani, Bayu Setiaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo