Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa terhadap Soal Matematika Model TIMSS
Regita Dwi Jayanti, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Shalshabilla Shafa, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Ratu Ilma Indra Putri, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Ruth Helen Simarmata, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Zuli Nueraeni, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Abstract
Penelitian memiliki tujuan untuk melihat analisis kemampuan kognitif yang dimiliki mahasiswa melalui soal pengembangan model TIMSS matematika yang sudah valid serta reliabel. Metode yang dipakai pada peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif yaitu untuk mengetahui penilaian mahasiswa mengenai dimensi, konstruk, dan bahasa pada soal, kemudian deskriptif kuantitatif dikarenakan pada proses pengumpulan data, penafsiran data yang telah dikumpulkan serta tampilan hasil yang disajikan menggunakan angka diperoleh tiga soal berkarakteristik TIMSS yang akan diuji coba lapangan kepada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya. Berdasarkan hasil penelitian, yang pertama kemampuan kognitif mahasiswa pada indikator 1 dapat dikategorikan sangat rendah. Kedua, kemampuan kognitif mahasiswa pada indikator 2 dapat dikategorikan cukup dan yang terakhir kemampuan kognitif mahasiswa pada indikator 3 dapat dikategorikan sangat tinggi. Dapat disimpulkan, bahwa Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya secara keseluruhan rata-rata memiliki kemampuan kognitif yang cukup baik.
Research have the aim to see the analysis of cognitive abilities possessed by students through the problem of developing a mathematical TIMSS model that is valid and reliable. The method used in researchers is descriptive method with qualitative and quantitative approaches. Qualitative descriptive is to find out student assessments regarding dimensions, constructs, and language in the questions, then quantitative descriptive due to the data collection process, interpretation of the data that has been collected and the display of results presented using numbers.there are three questions with TIMSS characteristics that will be field tested to students. Sriwijaya University Mathematics Education. Based on the results of the study, first the cognitive abilities of students on indicator 1 can be categorized as very low. Second, the cognitive abilities of students in indicator 2 can be categorized as sufficient and finally the cognitive abilities of students in indicator 3 can be categorized as very high. It can be concluded, that the students of Sriwijaya University Mathematics Education as a whole have fairly good cognitive abilities.
Full Text:
PDFReferences
Cahyanita, dkk. (2018). Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model TIMSS Konten Geometri. Jurnal Kadikma, 9(3), 11-20.
Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta:Gramedia.
Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta:LP3ES.
Fadiana, M. (2016). Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 79-89.
Fajrin, S. A. (2014). Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Melalui Permainan Mencampur Warna dengan Media Bahan Alam pada Anak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang, 70-81.
Fatmawati, S. (2018). Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Soal Kognitif Berorientasi pada Revisi Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Edusains, 1-16.
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York:Macmillan.
Jayusman, I., & Shavab, K. A. O. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13-20.
Mullis, Ina V.S., Martin, Michael O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Chesnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.
Nurwahidah, I. (2018). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS untuk Mengukur High Order Thinking (HOT). Jurnal THAIBEA, 1(1), 20-29.
Pribadi, A. dkk. (2017). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS pada Materi Geometri dan Pengukuran SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 115- 128.
Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.
Rahayu, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP pada Materi Himpunan. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 10.
Rudhito, M. A. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model TIMSS untuk Mendukung Pembelajaran Matematika Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 88-97.
Rukmini, E. (2008). Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1-11.
Sarwono, J. (2009). Memadu Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif : Mungkinkah? Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 119-132.
Somantri, G. R. (2005 ). Memahami Metode Kualitatif. Jurnal MAKARA of Social Sciences and Humanities Series, 57-65.
Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
Syahid & Noviartati, K. (2019). Representasi Matematis Siswa bergaya Kognitif Visualizer-Verbalizer dalam Menyelesaikan Soa Matematika TIMSS. Jurnal Gantang, IV (1), 49-59.
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif Siswa dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1-12.
Widiyarini, A., & Wilujeng, I. (2015). Pengembangan LKS IPA berbasis scientific approach untuk mengoptimalkan learning outcome siswa MTs kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 169-181.
Wicaksono, A. G. (2016). Perbandingan Kemampuan Kognitif Dan Metakognitif Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Yang Berbeda. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 1-12.
Widya, Y. (2012). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Angka Di Raudhatul Athfal Al Muttaqin Kabupaten Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1-10.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.40852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad David Safitra, Regita Dwi Jayanti, Shalshabilla Shafa, Ratu Ilma Indra Putri, Ruth Helen Simarmata, Zuli Nueraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: