Penerapan Methaporical Thinking: Kemampuan Matematis Peserta Didik
Amirudin Amirudin, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, Indonesia
Dona Dinda Pratiwi, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79-87.
Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1), 9-18.
Febriyanti, N. K. S., & Putra, M. (2020). Mathematics Learning Interest of Elementary School Students in Using Metaphorical Thinking Learning Model. Journal of Education Technology, 4(3), 273-278.
Fitriani, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Metaphorical Thinking Pada Siswa SMP. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8-15.
Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90-103.
Isnurani, I. (2018). Pengembangan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multi Representasi di Smp. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 1(1), 20-34.
Iskandar, B., Haryono, H., & Utanto, Y. (2019). Mathematic Score of the Champions. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 78-89
Lesmana, L. A., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematik Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 863-872.
Mardiyanti, D. O., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 427-434.
McGowen, M. A., & Tall, D. O. (2010). Metaphor or Met-Before? The effects of previouos experience on practice and theory of learning mathematics. The Journal of Mathematical Behavior, 29(3), 169-179.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2021, January). The enhancement of mathematical reasoning and problem solving ability through metaphorical thinking approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1731, No. 1, p. 012040). IOP Publishing.
Setiawan, W. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208-216.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.Sundary, P., Jatmiko, A., &
Widyastuti, R. (2020). Metaphorical Thinking Approach with Google Classroom: iIts Effect Towards Students’understanding of Mathematical Concept Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 37-47.
Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan kontekstual dengan scaffolding untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 66-79.
Widyasari, N., & Dewanto, S. (2020). Meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa smp melalui pendekatan metaphorical thinking. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Yee, S. P., & Bostic, J. D. (2014). Developing a contextualization of students’ mathematical problem solving. The Journal of Mathematical Behavior, 36, 1-19.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.39177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bunga Nurwiyan Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: