Hubungan antara Hasil Belajar dengan Sikap Bersahabat atau Komunikatif Siswa di SMP Negeri 18 Kota Jambi

Ayu Meilinda, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajardengan sikap bersahabat/komunikatif siswa di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ex- post facto yang bersifat korelasional dengan subjek adalah siswa kelas VII D dan VII H SMP Negeri 18 Kota Jambi. Untuk mengetahui bagaimana hubungan antar variabel di lakukan uji korelasi sehingga di peroleh nilai signifikan data 0,017 < 0,05. Suatu data dikatakan memiliki hubungan jika setelah dilakukan uji korelasi memiliki nilai signifikan < 0.05. Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut berarti bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan sikap bersahabat.


Keywords


bersahabat, hasil belajar, karakter, korelasi

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.

Chandra, P. (2019). Internalisasi nilai-nilai karakter dalam tradisi pondok pesantren. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 12(2), 25-32.

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234.

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.

Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2019). Penanaman nilai karakter melalui permainan outdoor bagi anak-anak usia dini di Wilayah RW 01 Kelurahan Pekayon Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Publikasi Pendidikan, 9(1), 1-6.

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1-15.

Hariandi, A. (2017). Meningkatkan nilai karakter bersahabat melalui model teams games tournaments di SDIT Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 19-35.

Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal kependidikan, 5(2), 200-215.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1-6.

Nurhidayati, T. (2018). Meretas pola hubungan orang tua dan anak dalam membentuk dan mengembangkan karakter anak. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 49-60.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep penelitian ex-post facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-16.

Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi stem untuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: revieu literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 90-98.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.

Supriyadi, E. (2011). Pendidikan dan penilaian karakter di sekolah menengah kejuruan. 1(2), 19-26.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.25225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo