Hubungan Karakter Nasionalisme dengan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Muaro Jambi

Lois Kusumawati Setiawan, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Jambi, Indonesia
Sardjo Sardjo, Guru Mata Pelajaran IPA, SMP Negeri 3 Kabupaten Tebo, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah hubungan antara hasil belajar dengan karakter siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan harapan hasil informasi yang didapatkan dapat diberlakukan secara umum. Jadi penelitian deskriptif kuantitatif merupakan suatu kegiatan untuk mengumpulkan informasi secara luas mengenai suatu peristiwa suatu variabel. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan natara karakter dengan hasil belajar. Hal ini diketahui dari hasil data yang diperoleh melalui uji coba menggunakan aplikasi SPSS. Hasil data yang didapatkan bahwa data tersebut normal, linier, dan korelasi.


Keywords


hasil belajar, nasionalisme, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Affan, M. H. (2016). Membangun kembali sikap nasionalisme bangsa Indonesia dalam menangkal budaya asing di era globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 33-42.

Anggela, M. (2013). Pengembangan buku ajar bermuatan nilai-nilai karakter pada materi usaha dan momentum untuk pembelajaran fisika siswa kelas XI SMA. Pillar of Physics Education, 1(1), 18-26.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Apriani, A. N., & Ariyani, Y. D. (2017). Implementasi pendidikan nilai nasionalisme dalam pembelajaran living values. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 59-73.

Ariyanti, L. S., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis SETS untuk meningkatkan motivasi dan menumbuhkan sikap peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 102-113.

Astuti, C. C. (2017). Analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara keaktifan mahasiswa dengan hasil belajar akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1-7.

Ayuwardani, R. P., & Isroah, I. (2018). Pengaruh informasi keuangan dan non keuangan terhadap underpricing harga saham pada perusahaan yang melakukan initial public offering (Studi empiris perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015). Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 143-158.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(2), 52-60.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Erviana, V. Y. (2018). Pengembangan modul pendidikan multikultural berbasis karakter cinta tanah air dan nasionalis pada pembelajaran tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 80-92.

Imaduddin, M. C., & Utomo, U. H. N. (2012). Efektifitas metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIII. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 62-75.

Istiadah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. Edu Publisher.

Jannah, E. M. N., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2019). Analisis Nilai-nilai karakter hasil karya menulis kreatif siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 149-155.

Karim, N. (2010). Pendidikan karakter. Shautut Tarbiyah, 16(1), 69-89.

Kuncoro, A. (2017). Korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 9-17.

Kusairi, S. (2012). Analisis asesmen formatif fisika SMA berbantuan komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 68-87.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87-97.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan (SKL).

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1), 128-137.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.

Novita, D. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar akuntansi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 15-24.

Okmarisa, H., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2016). Implementasi bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) berorientasi kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 130-135.

Priyambodo, A. B. (2017). Implementasi pendidikan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air pada sekolah berlatar belakang Islam di Kota Pasuruan. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 9-15.

Rachmawati, D., & Rohaeti, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 29-39.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Retnawati, H. (2015). Perbandingan akurasi penggunaan skala Likert dan pilihan ganda untuk mengukur self-regulated learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2), 19-28.

Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Nazliah, R. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan keterampilan proses. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 3(1), 293-297.

Rohman, F. (2018). Pendidikan wawasan kebangsaan dengan pendekatan bayani di Pondok Pesantren Darul Falah Bangsri Jepara. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 53-78.

Sappaile, B. I. (2007). Konsep instrumen penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 13(66), 1-7.

Siagian, H., & Susanto, I. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran genius learning terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(02), 43-48.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21.

Sungkawa, I. (2013). Penerapan analisis regresi dan korelasi dalam menentukan arah hubungan antara dua faktor kualitatif pada tabel kontingensi. Jurnal Mat Stat, 13(1), 33-41.

Triyanto, T. (2019). Membudayakan nilai-nilai ham dalam rangka penguatan Pancasila dan Kebhinekaan. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 1-24.

Umar, E. (2014). Kecerdasan emosi siswa pada peningkatan hasil belajar ips melalui belajar kooperatif di SD Laboratorium UNG. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 150-163.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 171-180.

Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan karakter nasionalisme peserta didik di sekolah berbasis agama Islam. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 1(1), 25-33.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 19-26.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.25223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo