Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kerja Laboratorium dengan Pendekatan Science Process Skills untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2487Keywords:
pengembangan modul fisika, kerja laboratorium, science process skillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendapatkan modul fisika berbasis kerja laboratorium dengan pendekatan science process skills yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika, 2) menge-tahui peningkatan hasil belajar siswa berupa ketercapaian keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Langkah-langkah pengembangan model 4-D (Four D Models), yaitu: tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate.Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi kelas, lembar validasi modul oleh dosen ahli dan guru fisika, lembar penilaian keterampilan proses siswa dan angket respon siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa X5 SMA Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa.Hasil penelitian ini adalah (1) modul yang dikembangkan dalam kategori baik, (2) ketercapaian keterampilan proses sains siswa "sangat baik" untuk aspek menyusun hipotesis, mengiden-tifikasi variabel, menginterpretasi data ke dalam tabel dan "baik" untuk aspek membuat grafik dan menarik kesimpulan.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan gain sebesar 0,70 tergolong kategori tinggi.
Kata kunci: pengembangan modul fisika, kerja laboratorium, science process skills
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.