Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi
Wahyu Setyaningrum, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Jalan Colombo No. 01, Karangmalang, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan mahasiswa UNRIKA dalam membuat skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan wawancara. Sumber data adalah 5 mahasiswa UNRIKA jurusan Pendidikan Matematika semester VII tahun ajaran 2018-2019. Analisis data dilakukan dengan mengisi angket, kemudian dilanjutkan dengan wawancara individu. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kecemasan mahasiswa dalam menghadapi skripsi yaitu sulitnya mencari literatur sebagai sumber referensi dalam penelitian, sulitnya proses pengajuan judul, dan sulitnya proses bimbingan dengan dosen pembimbing. Sedangkan cara mengatasi kecemasan tersebut dengan berjalan-jalan untuk merilekskan pikiran, curhat dan juga mengingat orang tua. Walaupun penelitian ini hanya melibatkan mahasiswa yang terbatas tetapi setidaknya dapat memberikan gambaran singkat tentang kecemasan yang dialami mahasiswa ketika menyusun skripsi. Informasi tentang faktor-faktor menyebab kecemasan mungkin dapat digunakan oleh pihak kampus untuk mengantisipasi ataupun meminimalisir faktor tersebut sehingga kecemasan mahaiswa dalam menyusun skripsi dapat dikurangi.
Kata Kunci: Kecemasan Mahasiswa, Menghadapi Skripsi
Anxiety of Students at Riau Kepulauan University in Writing Thesis
Abstract
This study aims to describe the obstacles of UNRIKA undergraduate students in writing a thesis. This is a descriptive exploratory study with a qualitative approach. Data was collected using questionnaire and interview. The participants are five students of Mathematics Education department at UNRIKA. They are at the seventh semester. The results of this study indicate that factors that cause student anxiety in writing thesis are difficulty in finding literature or references, difficulty in determining the title, and difficulty in supervising process. Students propose several methods to overcome the anxiety such as go out or walk around, vent to their peers and remember their parents. Although this study only involves limited number of students, it might provide a brief description of the anxiety experienced by students when preparing a thesis. Information about the causes of anxiety might be useful for the university to anticipate or minimize these factors so that student anxiety in preparing the thesis can be diminished.
Keywords: student anxiety, thesis writing
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Adler, R., B., & Rodman, G. (2009). Understanding human communication. New York: Holt, Rinehart and Winston
Ahmad, T. (2011). Pedoman Penulisan Skripsi.
Manajemen Emosi, Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Z. (1993). Kebahagian. Bandung: CV Ruhama
Djumhana, B. (2001). Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Fitria, L. (2007). Kecemasan Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Dalam Mengerjakan Skripsi, Semarang, Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata
Frank, T. (1991) Mengatasi Rasa Cemas, terjemahan Meitasari Tjandrasa, (Jakarta: Arcan),
Hawari. (2001). Manajemen Stress, Cemas dan Depresi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia: Jakarta.
Herdiani, W., S. (2012). Pengaruh expressive pada kecemasan menyelesaikan skripsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa , 1(1), 19-22.
Karen, H. (1942). Self Analysis. Our Iner Conflicts. London.
Kartono, K. (2003). Patologi Sosial 3: Gangguan-gangguan Kejiwaan. Jakarta: CV.Rajawali, Cet. III
Keith, J. (2009). Living with Chronic Illness: Using Stress Management Skills to Promote Physical and Psychological Well-Being. Atlanta Psych Consultans. Atlanta, Georgia.
Lawrence, I., O. (1949). Introduction to Psychopathology. New York: Prentice- Hall Inc
Lubis, N. L. (1993). Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencan Prenada Media Group
Miles, M, B. & Huberman, A. (2007). Analisis data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisidi. Jakarta, Indonesia
Nelson, R & Jones. (2012). Pengantar Keterampilan Konseling, Pustaka Belajar, Yogyakarta
Rahmawati, A. (2011). Hubungan Pemberian Informed Consent dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Pre-Operasi di Instalasi Rawat Inap RSUD Kajen Pekalongan. Semarang: Universitas Muhamadiyah Semarang
Ramaiah, S. (2003). Kecemasan Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor
Romas, J. A., & Sharma, M. (2000). Practical stress management: A comprehension workbook for managing change and promoting health (2nd ed.). Massachusetts: Allyn & Bacon
Safari,. Eka, N., Triantoro. & Saputra. (2012). Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara
Sarafino, E., P. (1998). Behaviorial Treatment for Asthma: Biofeedback, Respondent, and Relaxation, Based Aproaches. New York: Edwin Melen Pres
Snyder, C., R. & Lovez, S., J. (2002). Handbook Of Positive Psychology. Oxford University Press.
Suharman. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi
Sujana, N. (1988). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo
Taylor, S. E. (1999). Health Psychology. Boston: Mcgraw Hill
Wirartha, I. M. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.23963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Inggri Ramadhani Widigda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: