PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Ledy Sagita Ariyanti, SMPN 3 Paringin Balangan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Insih Wilujeng, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran   berbasis SETS dan (2) mengukur keefektifan perangkat pembelajaran berbasis SETS. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Desain uji coba lapangan pendahuluan menggunakan one-group pretest-postest design untuk peserta didik kelas VIII, sedangkan uji coba lapangan utama menggunakan pretest-postest control group design untuk peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan angket. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis dengan menggunakan konversi skor skala 5. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan menumbuhkan sikap peduli lingkungan peserta didik pada saat uji coba lapangan dianalisis dengan multivariate analysis of variance (MANOVA) dan gain score. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran berbasis SETS untuk peserta didik SMP Kelas VIII. Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran  layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) efektif dalam meningkatkan motivasi dan menumbuhkan sikap peduli lingkungan peserta didik.

 

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, SETS, motivasi, sikap peduli lingkungan

 

DEVELOPING A TEACHING PACKAGE BASED ON SETS  TO IMPROVE MOTIVATION AND GROW ENVIRONMENTAL CARE ATTITUDE.

Abstract

The objectives of this study are (1) to explain the validity of an SETS-based teaching package and (2) to measure the effectiveness of an SETS-based teaching package. The method of this study was R & D adapted from the development model by Borg & Gall. The preliminary field testing used the one-group pretest-postest design for grade VIII and the main field testing used the pretest-postest control group design for grade VIII. The data collection techniques were interviews, observation, and questionnaires. The validity of the teaching package was analyzed by converting five scales. The effectiveness of the teaching package to improve motivation and to grow environmental care attitude in the field testing was analyzed through the multivariate analysis of variance (MANOVA) and gain score. The result of this study is in the form of an SETS-based teaching package for 8th grade students of junior high school. The result of the validation and the product testing indicats that the teaching package (1) is appropriate to be used in the teaching and (2) is effective to improve students’ to Improve motivation and grow environmental care attitude.

 

 Keywords: teaching package, SETS, motivation, environmental care attitude


Keywords


perangkat pembelajaran, SETS, motivasi, sikap peduli lingkungan

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Ahmadi, K.; Amri, S.; Setyono, H.A. & Elisah, T. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Amirshokoohi, A. (2010). Elementary Pre-service Teachers’ Environmental Literacy and Views Toward Science Technology, and Society (STS) Issues, Science Educator, 19(1), 56-63

Asmani, J.M. (2012). Pendidikan berbasis keunggulan lokal. Jogjakarta: Diva Press

Arends.R.I. (2013). Belajar untuk mengajar (lerning to teach).Jakarta: Salemba Humanika

Azzet,A.M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz media

Borg, W. R. & Gall, M. D. (2007). Educational research. an introduction (4th ed.). New York: Longman Inc.

Borich. G.D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. Texas: Macmillan.

Chiappetta, E.L. & Koballa, T.R. (2010). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. Boston: Pearson

Devi, P.K.; Sofiraeni, R.; Khairuddin. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk guru SMP.Bandung: PPPPTKIPA

Devi, P.K. & Syarif, M. (2012). Pengembangan lembar kerja DARTs untuk guru SD. Bandung: PPPPTKIPA.

Fathurrohman, P.; Suryana AA. & Fatriany, F. (2013). Pengembangan pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.

Hake, R.R. (1998). Interactive-Engagement Vs Traditional Methods: A Six-Thausandstudent Survey Of Machanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66, 1-26.

Hungerford, H.R. & Volk, T.L. (1990). Investigating and evaluating STS issues and solutions. Houston: STIPER.

Indrawati. (2010). Sains Teknologi masyarakat untuk guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

MacLeod, K.(2013). Pre-Service Teachers’ of Teaching STSE-Based High School Physics: Implications For Post-Secondary Studies. EJPE Volume 5 Issue 1, hal 1-15

Maghfiroh, U., & Sugianto. (2011). Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 6-12. Diambil pada tanggal 13 Juli 2014, dari http://download.portalgaruda.org/article.php? article=135370&val=5648&title

Masruri, M.S.; Saidihardjo; Suranto; Widyastuti, M.;Sutrisnowati, SA.; Hadi, BS.; Sumunar, DRS. (2002). Pendidikan Kependudukan dan lingkungan Hidup.Yogyakarta: UPT MKU

Matthews, M.R. (1994). Science Teaching (The role of History and Philosophy of Science).N ew York: British Library.

Minarti, I.B.;Susilowati, S.M.E.; Indriyanti, D.R. (2012). Perangkat pembelajaran IPA terpadu bervisi SETS berbasis edutainment pada tema pencernaan. JISE 1, 5, 105-111

Prasetyo, Z.K. (2001). Kapita selekta pelajaran fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Riani, E.D.; Sadia, I.W. & Swasta, I.B.J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Pembelajaran Biologi Bermuatan Karakter Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA.volume 4 hal 1-12

Rosario,B.I. (2009). Science, Technology, Society and Environment (STSE) Approach in Environmental Science for Nonscience Students in a Local Culture. ISSN.Vol. 6 No. 1: 2094-1064

Rusilowati, A; Supriyadi, Binadja, A&Mulyani, S. (2011). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology and Society. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Bervisi SETS, di Universitas Negeri Semarang.

Schunk, D.H. (2012). Learning Theories. Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sofyan, H. & Uno, H.B. (2012). Teori Motivasi dan penerapannya dalam penelitian. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiarto, A. & Djukri. (2015). Pembelajaran Berbasis SETS Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 1 – No 1. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/4550/3910

Suparno, P. (2005). Guru demokratis di era reformasi. Jakarta: Grasindo.

Suwarna & Paidi. (2013). Menjadi guru kolaboratif. Yogyakarta: UNY press

Suryadarma, I.G.P. & Suyanto, S. (2014). Pengembangan karakter melalui pendidikan biologi: konsep dan strategi. Yogyakarta: UNY press

Ullah, M.I; Sagheer, A.; Sattar, T. & Khan, S. (2013). Factor Influencing Students Motivation to Learn in Bahauddin Zakariya University, Multan (Pakistan).ISSN 2162-3058 vol.3, No.2, hal 90-107

Uno, H.B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, H.B. & Koni, S. (2013). Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Woolfolk, A. (2007). Educational psychology. Boston: Pearson Education.

Yildirim, N., Kurt, S. & Ayas, A. (2011). The Effect Of Worksheet On Students’ Achievment In Chemical Equilibrium. Journal of Turkish Science Educa-tion, 8 (3), 44-58

Yoruk, N.; Morgil, I. & Secken, N. (2010). The Effects Of Science, Technology, Society, Environment (STSE) Interactions On Teaching Chemistry. Natural Science vol. 2 No.12 hal 1417-1424

Zuchdi, D.; Prasetya, Z.K. & Masruri, M.S. (2013). Model pendidikan karakter. Yogjakarta: Multi Presindo




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.23940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ledy Sagita Ariyanti, Insih Wilujeng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo