Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Lili Solikhati, SMP Negeri I Bulakamba Brebes, Indonesia
Siti Maimunah, SMP Negeri I Bulakamba Brebes, Indonesia
Malikhatun Malikhatun, SMP Negeri I Bulakamba Brebes, Indonesia
Sunanto Sunanto, SMP Negeri I Bulakamba Brebes, Indonesia
Bre Wirabudi, SMP Negeri I Bulakamba Brebes, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif STAD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan materi perbandingan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri Bulukamba Tahun Pelajaran 2009/2010. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) motivasi dan minat belajar meningkat sebesar 68,5%, 2) nilai rata-rata 60,75 pada siklus I dan 72,5 pada siklus II,  dan 3) ketuntasan belajar sebesar 60% pada siklus I dan 85% pada siklus II.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo