Program Pembelajaran Biologi dengan "MIVI" untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tuna-Rungu

Mia Nurkanti, Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, Indonesia
Nuryani Rustaman, Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, Indonesia
Zaenal Alimin, Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, Indonesia
Suroso AY, Sekolah Pascasarjana UPI Bandung

Abstract


Penelitian ini tentang pengembangan program pembelajaran biologi dengan "MIVI" (Monopolies Multi Interactive Visual" untuk siswa tuna rungu dengan tujuan meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan. Data kuantitatif digunakan untuk melihat perubahan penguasaan konsep biologi yang dilihat dari perbedaan nilai pretes dan postes pada tiga siswa tuna rungu. Data diperoleh dengan metode SSR (Single Subject Research) dan dianalisis menggunakan analisis data visual berdasarkan kondisi awal (A) dan intervensi (B) dan melihat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Data kualitatif diperoleh dengan kuisioner, observasi, dan jurnal peneliti. Kuesioner digunakan untuk mempelajari lebih dalam dan didukung dengan wawancara dengan kepala sekolah untuk mengetahui ketahanan dan pendapat untuk keputusan hasil belajar subjek penelitian.

Kata kunci: program pembelajaran biologi, tuna rungu


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo