Pengembangan Pembelajaran Sistem Saraf dan Sikap Siswa Terhadap Narkoba

Lisdiana Lisdiana, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan pembelajaran sistem saraf dalam rangka meningkatkan sikap positif siswa terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA I Kragan. Variabel yang akan diungkap dalam penelitian adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, sikap positif siswa terhadap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, respon siswa dan kesan guru. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori sangat baik, aktifitas siswa dalam pembelajaran dalam kategori sangat baik, terdapat peningkatan sikap positif siswa terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Siswa merasa senang terhadap model pembelajaran sistem saraf yang telah dikembangkan serta guru memberikan respon positif terhadap model tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sistem saraf yang dikembangkan dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba pada siswa SMA.

Kata kunci: sikap positif, narkoba, sistem saraf


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo