Manajemen penguatan pendidikan karakter di SD Fajar Harapan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpka.v1i1.71737Keywords:
pendidikan penguatan karakter, manajemen, SD Fajar HarapanAbstract
Abstrak: Masalah degenerasi moral mahasiswa telah lama berkembang di Indonesia. Peraturan Presiden Nomor 2017 tentang Penguatan Karakter Pendidikan adalah salah satu solusi masalah degenerasi moral yang dihadapi oleh sekolah sebagai unit pendidikan, memainkan peran penting dalam proses membangun karakter pendidikan bagi peserta pendidikan. Hal ini sesuai dengan persyaratan manajemen untuk memperkuat pendidikan karakter yang sangat baik di sekolah. SD Fajar Harapan dipilih sebagai objek dalam penelitian ini karena memiliki tingkat heterogenitas yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai administrasi pendidikan peningkatan karakter di SD Fajar Harapan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Merencanakan dan berkolaborasi antara pemerintah, unit pendidikan, dan masyarakat sekitar SD Fajar Harapan dalam menyusun kegiatan pendidikan karakter yang diselenggarakan, SD Harapan telah menetapkan jadwal dan sumber daya personil yang tepat dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakternya. Aktif, memperkuat pendidikan karakter di SD Fajar Harapan telah dilakukan baik dalam kegiatan intra- maupun ekstracurricular. Kontrol dilakukan oleh kepala sekolah, instruktur, staf, dan orang tua siswa.
Abstract: The issue of declining moral values among students has long been a concern in Indonesia. President's Regulation No. 2017 on Strengthening Character Education is one of the solutions to address this problem in schools, playing a crucial role in shaping the character of students. This is in line with the management's requirement to strengthen character education in schools. This study focuses on evaluating the administration of character education improvement at SD Fajar Harapan, which was chosen due to its high level of heterogeneity. The research is qualitative and descriptive in nature. The findings of the study indicate that SD Fajar Harapan has collaborated with the government, educational institutions, and the local community to organize character education activities. The school has also established appropriate schedules and staffing resources to strengthen its character education program. SD Fajar Harapan has been actively promoting character education through both intra- and extracurricular activities. Oversight is conducted by the school principal, instructors, staff, and parents.
References
Agustina, P. (2018). Karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 9(2), 206-219. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21853
Arifin, B. S., & Rusdiana, H. A. (2019). Manajemen pendidikan karakter. CV Pustaka Setia.
Ariputra, I. P. S. (2023). Internalizing character values in the Ramayana story's content for students in Fajar Harapan elementary school. Prosiding ICOHIS: International Conference on Hindu Studies. Hal: 444-463.
Ariputra, I. P. S. (2017). Identifikasi perilaku menyimpang peserta didik terhadap ajaran Panca Yama Brata di SD 6 Dalung Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Penelitian Agama Hindu. 1(2), 50-55.
Arumsari, N. A. (2017). Penerapan planning, organizing, actuating, dan controlling di UPTD DIKPORA Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer. 3 (2), 1-7.
Atriyanti, Y. (2020). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES: 369-376.
Berliana, Y, M., & Sudrajat, A. (2018). Implementasi pendidikan karakter di sekolah berbasis pondok pesantren. Jurnal Pendidikan Karakter. 9(2), 161-171. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21535
Mulyasa, E. (2001). Manajemen berbasis madrasah: Konsep, strategi, dan implementasi. Remaja Rosdakarya.
Gestriadi, R., & Suyitno. (2021). Penguatan pendidikan karakter tanggung jawab sekolah dasar di era pandemi. Jurnal Pendidikan Karakter. 12 (1), 1-11. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317
Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. 3(3), 302-308. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752
Hasibuan, M. (1985). Pengertian manajemen. Paradigma.
Khasanah, U., & Hernia, H. (2019). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Palembang, 999-1015.
Koesoema, D. A. (2023). Pendidikan karakter strategi mendidik anak di zaman global. Grasindo.
Nurkolis, et.al. (2023). Implementasi manajemen pendidikan karakter dalam mengembangkan minat sikap dan perilaku positif siswa di Program Kesetaraan Wustha Fatkhul Ulum Desa Srimulyo Kecamatan Madang Suku II Kabupaten Oku Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. UNISAN JURNAL: Jurnal Manajemen dan Pendidikan. 2(2), 278-287.
Muryati, S., & Sudiatmi, T. (2021). Tuturan direktif guru dalam pembelajaran sebagai sarana pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. 12 (1), 101-116. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.34404
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. 7 Juni 2018. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 782. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.
Pulungan, L. I., et.al. (2014). Interaksi sosial antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 3(9), 1-10.
Munawar, R. (2016). Manajemen pendidikan mental dan karakter di sekolah. Eksismedia.
Sallis, Ed. (1993). Total quality management in education. Kogan Page Educational Management Series.
Silfia, M. (2018). Penguatan pendidikan karakter dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. In: Tantangan Yang Dihadapi Dalam Dunia Pendidikan Dan Social Studies Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 2 Tahun 2018: hal 642 - 645.
Suhardi. (2018). Pengantar manajemen dan aplikasinya. Gava Media.
Sukarna, (2011). Dasar-dasar manajemen. CV Mandar Maju
Sukarno, M. (2020). Penguatan pendidikan karakter dalam era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi UMBY, Yogyakarta: 29 Februari 2020. Hal. 32-37.
Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-prinsp utama manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU). 1 (3), 51-61.
Torang, S. (2013). Organisasi dan manajemen (Perilaku, Struktur, budaya & perubahan organisasi). Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301. Jakarta.
Usman, M. U., & Setyowat, L. (1993). Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Yuniarsih, T. (2003). Implementasi konsep manajemen mutu terpadu dalam pendidikan. Jurnal Manajerial. 1(2), 1-13. https://doi.org/10.17509/manajerial.v2i1.16105
Zubaiedi. (2011). desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kharisma Putera Utama.
Zuriani, Y. (2016). Pelaksanaan evaluasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) IQRO’ IPUH. Jurnal An-Nizom. 1(3), 307-316. http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1784
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Pendidikan Karakter to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Pendidikan Karakter a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-SA License.
All posts that exist in JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER is not a reflection of the attitudes and opinions of the Editorial Board of JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER. The responsibility for the contents or the result of writing still lies on the authors.
Jurnal Kependidikan by https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.