Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya Bugis "Sipakatau, Sipakalebi, Sipakainge" di komunitas peduli anak jalanan Makassar
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpka.v14i2.63715Keywords:
pendidikan karakter, nilai-nilai budaya Bugis, anak jalananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pendidikan karakter melalui nilai-nilai budaya Bugis, yakni sipakatau, sipakalebi, dan sipakainge di Komunitas Peduli Anak Jalanan di Makassar Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Peduli Anak Jalanan menerapkan nilai-nilai budaya Bugis pada penerapan pembelajaran dan lingkungannya. Pertama, nilai sipakatau dengan menciptakan hubungan yang saling menghormati, saling mendukung, dan saling memahami dengan anak jalanan. Kedua, nilai sipakalebi dengan menciptakan kerukunan di arena binaan serta membubuhkan sikap saling memanusiakan dan sikap saling menghargai. Ketiga, nilai sipakainge melalui berinteraksi dengan penuh penghormatan, mendengarkan dengan empati, dan memberikan perhatian yang tulus kepada anak jalanan. Foluntir atau pengajar Komunitas Peduli Anak Jalanan melakukan manipulasi lingkungan dengan melakukan stimulus dan foluntir sebagai role model-nya.
References
Anandar, R., Wibhawa, B., & Wibowo, H. (2015). Dukungan sosial terhadap anak jalanan di rumah singgah. Share: Social Work Journal, 5(1). DOI: https://doi.org/10.24198/share.v5i1.13122.
Aspin, D. N. & Chapman, J. D. (Eds.). (2007). Values education and lifelong learning: Principles, policies, programmes. Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4020-6184-4.
Ata, G. & Saeed, A. (2020). Islam’s Guidelines for Muslims: A Lesson for Journalists. AL-Qalam, 25(2), 339–368. DOI: 10.51506/al-qalam.v25i2.874.
Aulia, S. S., Arif, D. B., & Amalia, R. (2022). Implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter sebagai wahana pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2). DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.53207.
Awhinarto, A., & Suyadi, S. (2020). Otak karakter dalam pendidikan Islam: Analisis kritis pendidikan karakter islam berbasis neurosains. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29693.
Conceição, P. (2020). Human development report 2020-the next frontier: Human development and the anthropocene. United Nations Development Programme: Human Development Report. https://hdr.undp.org/content/human-development-report-2020.
Cumber, S. N. & Tsoka-Gwegweni, J. M. (2016). Characteristics of street children in Cameroon: A cross-sectional study. African Journal of Primary Health Care and Family Medicine, 8(1), 1–9. DOI: https://doi.org/10.4102/phcfm.v8i1.1076.
Dewi, A. (2022). Upaya menumbuhkan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi nasional. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 202-210. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.48577.
Faiz, A. & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250.
Fitri, M. & Susanto, H. (2021). Nilai sosial religi tradisi Manopeng Pada masyarakat Banyiur. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(2), 161–169. DOI: https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i2.7164
Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Hartiwisidi, N., Damayanti, E., Musdalifah, M., Rahman, U., & Suarga, S. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Mandar Metabe’dan Mepuang di SDN 001 Campalagian. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 150–162. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.48473.
Hasbi, H. & Wibowo, M. G. (2022). Determinants of Islamic human development index in OIC countries with good governance as moderating variables. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 10(1), 173-198. DOI: https://doi.org/10.21043/equilibrium.v10i1.14641
Kawuryan, S. P. (2021). Strategi penciptaan komunitas peduli dengan pendekatan komprehensif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 27–42. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.29259.
Mandela, N. (2021). Long walk to freedom: the autobiography of Nelson Mandela. Abacus London.
Megawati, R. & Ningsih, T. (2020). Pembentukan karakter melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Kependidikan, 8(2), 249–263. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5580.
Miftah, M. (2013). Pengembangan karakter anak melalui pembelajaran ilmu sosial. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 204-217. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1441.
Moleong, L. J. (2018). Metode penelitian kualitatif (Cetakan ke-37). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mugianti, S., Winarni, S., & Pangestuti, W. D. (2018). Faktor penyebab remaja menjadi anak jalanan. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 7(1), 25–31. DOI: https://doi.org/10.31290/jpk.v7i1.292.
Murdiyanto, E. (2020). Sosiologi perdesaan: Pengantar untuk memahami masyarakat desa. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).
Muryati, S. & Sudiatmi, T. (2021). Tuturan direktif guru dalam pembelajaran sebagai sarana pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 101–116. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.34404.
Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasrudin, E., Sandi, M. K., Alfian, M. I. R., & Fakhruddin, A. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.55288.
Nerizka, D., Latifah, E., & Munawwir, A. (2021). Faktor hereditas dan lingkungan dalam membentuk karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 55-64. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.38234.
Nugraha, D. & Hasanah, A. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya di sekolah. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 1–9. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803.
Paskori, A. F., Nabila, D. P., Syair, M. I., Gamayanti, G. G., & Bandaso, T. D. (2023). Kerentanan dan ketangguhan anak jalanan di kota makassar dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari. Jurnal Ilmu Budaya, 11(1), 1–15. DOI: https://doi.org/10.34050/jib.v11i1.24127.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Putra, A. & Suryadinata, S. (2020). Menelaah fenomena klitih di Yogyakarta dalam perspektif tindakan sosial dan perubahan sosial Max Weber. Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 4(1), 1-21. DOI: https://doi.org/10.30762/asketik.v4i1.1005.
Rahim, A. (2019). Internalisasi nilai sipakatau, sipakalebbi, sipakainge dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Jurnal Al Himayah, 3(1), 29–52. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ah/article/view/881.
Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18. DOI: https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037.
Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi moral siswa dalam penerapan nilai-nilai Pancasila ditinjau. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 54-62. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.57131.
Rohmatulloh, R., Hasanah, A. H. A., & Ruswandi, U. (2020). Character education of food local culture values in the people of Kampung Adat Cirendeu in West Java through exemplary. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.28658.
Rokayatullah, S. (2023). Model pembinaan agama Islam pada anak jalanan di panti pelayanan sosial anak, Tawangmangu, Karanganyar. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 22(1), 22–31. DOI: https://doi.org/10.29138/lentera.v22i1.999.
Saingo, Y. A., Natonis, S. G., & Afi, K. E. Y. M. (2023). Studi komparatif pendidikan karakter anak remaja usia 12-15 tahun pada keluarga di suku Boti dalam dan keluarga Kristen di suku Boti luar. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 42-52. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.57045.
Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: policies, practices, and programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44–53. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Malang: Bayumedia Publishing.
Syarif, M. Z. H. (2020). Pendidikan Islam dan moralitas sosial: Upaya preventif-kuratif dekadensi moral dan kehampaan spiritual manusia modernis. Jakarta: Prenada Media.
Weber, M. (2019). Sosiologi agama. Yogyakarta: IRCiSoD.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widiatmaka, P., Mujahidah, N., Rahmap, R., & Arifudin, A. (2023). Pendidikan karakter melalui karang taruna untuk membangun karakter sosial pada generasi digital native. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 32-41. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.57036.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Pendidikan Karakter to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Pendidikan Karakter a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-SA License.
All posts that exist in JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER is not a reflection of the attitudes and opinions of the Editorial Board of JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER. The responsibility for the contents or the result of writing still lies on the authors.
Jurnal Kependidikan by https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.