Kesadaran Siswa terhadap Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Virtual Trigonometri

Wachid Nugroho, SMK Negeri 2 Salatiga Madrasah Aliyah Tahfidzul Quran As-Surkati Salatiga, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan tingkat kesadaran siswa terhadap nilai-nilai karakter dalam pembelajaran virtual trigonometri. Pembelajaran virtual diharapkan berlangsung kaya makna dengan tetap menyajikan pengembangan nilai-nilai karakter walaupun guru dan siswa tidak dapat bertatap muka langsung karena situasi pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan isian angket pertama melalui google form tentang pendapat siswa terhadap nilai-nilai karakter dalam pembelajaran virtual trigonometri. Pengumpulan data pendukung melalui isian angket kedua dengan pernyaaan skala likert 1-5 terhadap nilai karakter jujur, mandiri, rasa ingin tahu, kerja keras, berpikir kritis, tanggung jawab, kreatif, dan disiplin. Analisis data angket pertama dan kedua dilengkapi dan dikonfirmasi wawancara dengan beberapa siswa secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaraan siswa terhadap nilai-nilai karakter jujur, mandiri, rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, dan disiplin pada kategori sangat tinggi. Kesadaran siswa terhadap nilai karakter berpikir kritis dan kreatif pada kategori tinggi. Kesadaran siswa terhadap nilai-nilai karakter tersebut diperoleh dari proses dan interaksi pembelajaran virtual trigonometri menggunakan microsoft teams dan link video youtube.

 

Kata Kunci: kesadaran siswa, nilai-nilai karakter, pembelajaran virtual trigonometri.

Keywords


student awereness; character values; trigonometry virtual learning

Full Text:

PDF

References


Amsikan, S. & Deda, Y. N. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Motif Kain Tenun Insana. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) LPIP UMP. 4(1), 25-30. from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3938

Anwar, A., & Jaliyuddin, J. (2016). Pengaruh Disiplin Dalam Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sampolawa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(01). from https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2997

Asdarina, O & Arwinda, N. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika. Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1), 1-11. from doi: https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.4600

Azwar, S. (2015). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Buchory, M.S. & Swadayani, T. B. (2014) Implementasi Program Pendidikan Karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV Nomor 3, 235-244 , from doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.56277

Eka Santika, I. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19. doi: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.278300

Enika Wulandari, & Wachid Nugroho. (2020). Students’ Attitude to Statistical Material Videos Used in Distance Learning on Youtube Social Media. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-9. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.105844

Hartoyo, A. (2015, Januari). Pembinaan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin. 1(1), 8-22. from http://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/90/81/.

Hastuti, D.D, Sutama, & Fuadi, D. (2018). Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Managemen Pendidikan. 13 (2), 139-144. from http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/download/7481/4294.

Karim. & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 92-104. from

doi: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.6344

Hendriana, E., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29. from doi: https://10.26737/jpdi.v1i2.2622

Juwita, I., Pendi, P., & Kurniasi, E. R. (2020). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Simpangkatis Kelas VIII dan MA Muhammadiyah Gantung Kelas X MIA. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 73-82. from DOI: https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.3744

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Matematika melalui Pembelajaran Konstekstual. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3), 333-344. from doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.3222

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Buamona, S. A. M. U., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154-164, from doi: https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020

Neliani, M.N. (2020). Tantangan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi. Opini Tribunnews. 9 Oktober 2020, from https://aceh.tribunnews.com/2020/10/09/tantangan-pendidikan-karakter-di-masa-pandemi

Nur Aini, O.D., (2016). Penanaman Karakter Kerja Keras dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Al Firdaus Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi UMS. from http://eprints.ums.ac.id/44961/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.

Pasani, C. & Basil, M. (2014). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe TAI di Kelas VIII SMPN EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3), 219-229. from doi: https://10.20527/edumat.v2i2.616

Pertiwi, I., & Marsigit, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran

Matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 153-165. from doi: http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.11241

Purnomo, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperati Tipe Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams pada pelajaran Sosiologi Materi Masalah Sosial Kelas XI IPS Semester Gasal di SMA N 1 JEKULO Kudus Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 1-14. from doi: http://dx.doi.org/10.20961/habitus.v4i1.457133

Putry, R. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. 4(1), 39-54. from doi: 10.22373/equality.v4i1.4480

Rudyanto, H.E. & Retnoningtyas, W. A. (2018, Juli). Integrasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding KID (Konferensi Ilmiah Dasar) Universitas PGRI Madiun. Volume 1. 34-43. from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/446

Rusydi, A. et. all. (2020). Statistik Pendidikan Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. from http://repository.uinsu.ac.id/3586/1/7. BUKU STATISTIK PENDIDIKAN.pdf

Salim Nahdi, D. (2019). Keterampilan Matematika di Abad 21. JCP (Jurnal Cakrawala Pendidikan Dasar) Prodi PGSD Universitas Majalengka. 5(2), 133-140. from

doi: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.13866

Santoso, K. A. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Karakter. Opini Media Indonesia. 28 Agustus 2020 from https://mediaindonesia.com/opini/340056/pembelajaran-daring-berbasis-karakter

Sattriawan, A. & Sutiarso, S. (2017, 6 Mei). Mengembangkan Karakter Religius melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung. 191-196. from https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/36

Septiana, D. (2015). Peningkatan Tanggung Jawab Belajar Matematika melalui Strategi Discovery Learning pada Siswa MTsN. Skripsi UMS. from http://eprints.ums.ac.id/34802/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.

Taunu, E., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 64-73. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p64-73

Utama, R., Anriyani, N., & Hendrayana, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Peluang. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 5(1), 9-14. from doi: https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i1.6633

Wachid Nugroho. (2020). Pendekatan Inquiry Model Drill and Practice Berbasis Aplikasi Moodle Berbantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(2), 70-80. from https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.337

Wachid Nugroho. (2021). Kepuasan Siswa terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Microsoft Teams dan Video Youtube pada Materi Program Linier. Jurnal Theorems : The Original Research of Mathematics. 5(2), 111-121. from doi: http://dx.doi.org/10.31949/th.v5i2.25188

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter : Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wulandari, E. (2020). Analisis Konten Sumber Belajar Virtual Materi Statistika . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 116-125. from https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.11244

Yogaswara, Y., Anriani, N., Fatah, A. (2019, 19 Januari). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Statistika. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya, 646-654, from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1108

Yuliandari, R. (2017). Pembelajaran Matematika Sebagai Media Pendidikan Karakter. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 35-46. from doi: https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i1.50955

Yuniarti, D., & Sukestiyarno, Y. (2020). Pembentukan Karakter Kerja Keras dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Berbantuan Modul Etnomatematika dan Pendampingan dengan Teknik Scaffolding. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 279-284. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37561

Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, Anwar, F., Alvi, A. F., Ernawati (2018). Penananam Nilai-Nilai Karakter terhadap Peserta Didik melalui Permainan Congkak sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII Nomor 1, 95-104, from doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.216788




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.39066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Karakter




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter