PRAKSIS IDEOLOGI TRI HITA KARANA DALAM STRUKTUR DAN KULTUR PENDIDIKAN KARAKTER KEJURUAN PADA SMK DI BALI

Authors

  • Putu Sudira

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1313

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan struktur, kultur, dan nilai-nilai luhur pendidikan karakter kejuruan pada SMK di Bali dalam praksis Ideologi Tri Hita Karana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif etnografi dengan desain comprehension of the meaning of the action and text, dilaksanakan di Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Badung, dan Kotamadya Denpasar. Pembangkitan data menggunakan teknik: (1) interview kualitatif, (2) observasi partisipatif, (3) analisis dokumen, dan (4) analisis situs. Struktur pendidikan kejuruan di SMK di Bali karakternya sangat dipengaruhi oleh ideologi Tri Hita Karana. Kultur pendidikan kejuruan di SMK ada tiga yaitu budaya belajar, budaya bekerja, dan budaya melayani. Nilai-nilai luhur yang berkembang adalah nilai hidup bersama secara seimbang dan harmonis kepada Tuhan, terhadap sesama, dan terhadap lingkungan hidup.
Kata Kunci: Tri Hita Karana, Pendidikan karakter, Kejuruan

Downloads

Published

2011-10-04

How to Cite

[1]
Sudira, P. 2011. PRAKSIS IDEOLOGI TRI HITA KARANA DALAM STRUKTUR DAN KULTUR PENDIDIKAN KARAKTER KEJURUAN PADA SMK DI BALI. Jurnal Pendidikan Karakter. 1, 1 (Oct. 2011). DOI:https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1313.

Issue

Section

Articles