Evaluation of the implementation of integrative thematic learning: A qualitative research approach phenomenology
Atiaturrahmaniah Atiaturrahmaniah, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, I. K., & Amri, S. (2014). Pengembangan dan model pembelajaran tematik integratif. Prestasi Pustaka.
Asifudin, A. J. (2009). Mengungkit pilar-pilar pendidikan Islam: Tinjauan filosofis. Sunan Kalijaga Press.
Assegaf, A. R. (2011). Filsafat pendidikan Islan: Paradigma baru pendidikan Hadhari berbasis integratif interkonektif. Rajawali Press.
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1982). Qulaitative research for education: An introduction to theory and methods. Allyn and Bacon.
Darodjat, D., & Wahyudhiana, W. (2015). Model evaluasi program pendidikan. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, XIV(1), 1–28. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1665
Dewi, N. L. K., Manuaba, I. B. S., & Putra, M. (2015). Studi evaluasi implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari context, input, process, dan product (CIPP) pada sekolah dasar negeri di wilayah pinggiran Kabupaten Badung. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5034/3798
Fadlillah, F. (2014). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Ar-Ruzz Media.
Fogarty, R. J. (1991). How to integrate the curricula. IRI/Skylight.
Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran tematik integratif: Model integrasi mata pelajaran umum SD/MI dengan nilai Agama. Jurnal Elementary, 5(2).
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Keterampilan Dasar, 2(1), 34–49. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280
Indriani, F. (2019). Pembelajaran tematik integratif berbasis humanis religius dalam pendidikan karakter di sekolah dasar Yogyakarta. Doctoral Thesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Julianti, I. A. R., & Mawardi, M. (2018). Penerapan desain pembelajaran tematik integratif alternatif berbasis sub-subtema untuk meningkatkan kebermaknaan dan hasil belajar. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 8(3), 206–215. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6598
Kristiantari, M. R. (2014). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif menyongsong kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 460–470. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462
Law of Republic of Indonesia No. 20 of 2003 on National Education System, (2003).
Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Remaja Rosda Karya.
Maslow, A. H. (2017). Motivation and personality (A. Fawaid & M. Maufur (Trans.)). Cantrik Pustaka.
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitive data analiysis. Sage.
Murtikasari, K. (2013). Menyongsong kurikulum 2013: Sebuah kajian dan rekomendasi implementasi kebijakan. In National Seminar Held by IKA (Ikatan Alumni) of Universitas Negeri Yogyakarta.
Oliva, P. F. (1992). Depeloving the curriculum. Harper Collins.
Prasetyo, T. (2017). Pengembangan perangkat penilaian hasil belajar dalam pembelajaran tematik integratif kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 102–111. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7528
Raharjo, R. (2012). Pengembangan & inovasi kurikulum. Baituna.
Rasidi, M. A., & Setiawati, F. A. (2015). Faktor-faktor kesulitan guru pada pembelajaran tematik integratif di SD Kota Mataram. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 155–165. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6504
Regulation of the Government, No. 32 of 2013, on National Education Standard, (2013).
Suharsimi, S. (2007). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. PT Bumi Aksara.
Suharto, F. S. (Ed.). (2013). 8 (Delapan) standar nasional pendidikan tingkat SD/MI versi kurikulum 2013. PT Teratai Emas Indah.
DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.27431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:
ISSN 2338-6061 (online) || ISSN 2685-7111 (print)
View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics