KOMPARASI BEBERAPA METODE ESTIMASI KESALAHAN PENGUKURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya estimasi kesalahan pengukuran perangkat soal Ujicoba Ujian Nasional mata pelajaran Biologi SMA. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan pada respons siswa peserta tes ujicoba di kabupaten Bantul tahun pelajaran 2007/2008. Sumber data berupa lembar jawaban siswa yang diambil dengan teknik stratified proportional random sampling sebanyak 842 respons siswa dari 9 SMA negeri. Metode estimasi kesalahan pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) metode Thorndike, 2) metode Polynomial, 3) pendekatan Binomial Lord dengan modifikasi Keats, 4) pendekatan compound Binomial, 5) metode analisis varians, dan 6) metode teori respons butir. Hasil analisis data menunjukkan bahwa besarnya estimasi kesalahan pengukuran perangkat soal tes ujicoba ujian nasional mata pelajaran biologi SMA tahun pelajaran 2007/2008 dengan menggunakan metode Thorndike, Polynomial, Binomial dengan modifikasi Keats, Compound Binomial, Analisis Varians, dan teori respons butir berturut-turut sebagai berikut: 2,96, 2,99, 2,87, 2,87, 2,83, dan 2,81, sedangkan hasil perhitungan root mean square error (RMSE) untuk masing-masing metode berturut-turut sebagai berikut: 0,02869, 0,02904, 0,02891, 0,02873, 0,02854, dan 0,02848. Harga RMSE terkecil diperoleh dengan metode teori respons butir, sehingga metode ini merupakan metode yang paling tepat.
Kata kunci: metode estimasi kesalahan pengukuran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory.Monterey: Brooks/Cole Publishing Company.
Azwar, S. (2007). Reliabilitas dan validitas(edisi ke-3). Yogyakarta: PustakaPelajar.
Djemari Mardapi. (1999). Estimasi kesalahan pengukuran dalam bidangpendidikan dan implikasinya pada ujian nasional. Pidato Pengukuhan Guru Besar Madya Ilmu Evaluasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
_____.(2000). Beberapa masalah evaluasi pada pendidikan biologi.Makalah Seminar Lokakarya Pendidikan Biologi FMIPA, UNY.
_____. (2004). Penyusunan Tes Hasil Belajar. Program PascasarjanaUniversitas Negeri Yogyakarta.
Feldt, L. S. & Brennan, R. L (1989). Reliability. Dalam Linn (1989). Educationalmeasurement. London: Collier Macmillan Publisher.
Hoyt, C. (1941). Test reliability estimated by analysis of variance. Psychometrika.153-160
Keats, J. A. (1957). Estimation of error variances of test scores. Psychometrika.29-41
Kolen, M. J. & Brennan, R. L. (1995). Tes equating: methods and practices. NewYork: Verlag.
Mollenkopf, W. G. (1949). Variation of the standard error of measurement.Psychometrika. 189-229.
Thorndike, R. L. (1951). Reliability. Dalam Lindquist, E. F. (1951). Educational measurement. Washington DC: American council on education.
DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v13i2.1409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:
ISSN 2338-6061 (online) || ISSN 2685-7111 (print)
View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics