PENGEMBANGAN RPP TEMATIK-INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJA KERAS DI KELAS 1 SD N 2 SOKARAJA TENGAH

Sri Muryaningsih, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Ali Mustadi, Program Studi Pendididikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP tematik-integratif dalam peningkatan karakter kerja keras dan mengetahui efektifitas penerapan RPP tematik-integratif dalam peningkatan karakter kerja keras bagi peserta didik kelas 1 SD N 2 Sokaraja Tengah. Penelitian ini menggunakan langkah pengembangan menurut Borg and Gall.Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan sesuai hasil penilaian ahli teknologi pembelajarann dan ahli media pembelajaran terhadap produk yang dikembangkan dengan kriteria “sangat baik” dengan bukti perolehan skor total validasi sebesar 39 dan 38. Produk yang dikembangkan juga efektif diterapkan sesuai dengan hasil uji coba dilapangan. Keefektivan RPP hasil pengembangan dilihat dari hasil keterlaksanaan RPP adalah berkriteria “sangat baik” dengan bukti keterlaksanaan mencapai 100%. Kenaikan karakter kerja keras dari kriteria “cukup” menjadi kriteria “baik”. Ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen mencapai 93,54% dan ketuntasan hasil belajar kelas kontrol mencapai 61,3%.

Kata Kunci: RPP tematik-integratif, pendidikan karakter

 

DEVELOPING A THEMATIC-INTEGRATED LESSON PLAN TO INCREASE THE HARD-WORKING CHARACTER OF GRADE 1 STUDENTS OF SD N 2 SOKARAJA TENGAH

Abstract

This research is aimed to develop thematic-integrated lesson plan to increase hard-working character and to know the effectiveness of the thematic-integrated lesson plan in the increase of hard-workig character of grade 1 students of SD N 2 Sokaraja Tengah. This research is a research and development study from Borg & Gall model. The result shows that the product developed in this research is suitable to use.  The result of teaching technology and learning media expert analysis on this product shows that it is ”very good”, as proved by the validation total scores of 39 and 38 out of 45. This product is also effective to apply as shown the result of field testing of the lesson plan. The effectiveness of the lesson plan can be seen from its feasability which is in it “very good” criteria. The hard-working character increases from “sufficient” criteria to the “good” criteria. The learning achievement of the experiment class is 93.54% and that of the control class is 61.3%.

Keywords: Thematik-integrated lessom plan, character educa

Keywords


RPP tematik-integratif; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational research an introduction 4th. Edition. New York :Longman inc.

Dell’Olio Jeanine M. & Donk T. (2007). Models of teaching connecting student learning with standards. New Delhi: Sage

Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar pengembang-an kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Hasan, S H. (Juni 2014). Kurikulum 2013 SD. Makalah disajikan dalam seminar Nasional Kurikulum 2013, di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa: pedoman sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Lickona,T. (1992). Educating for character: how our school can teach respect. respect and responbility. New York: Bantam Book Elkind & Sweer.

Mesakh, E. (20 Oktober 2009). Pidato lengkap presiden SBY saat pelantikan: intinya SBY-Boediono menjanjikan kesejahteraan rakyat, penguatan demoktasi, dan penegakan keadilan. Artikel diambil pada tanggal 19 Juli 2013 jam 12.13 WIB dari http://eddymesakh.wordpress.com/2009/10/20/pidato-lengkap-presiden-sby-saat-pelantikan/

Mulyasa. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan sebuah panduan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustadi, Ali. (2011). English syllabus design for elementary school teacher education departmen, faculty of education, State University of Yogyakarta: A Study to Developman Alternative English Syllabus. Disertasi

Orlich, D.C., et. Al. (2007). Teaching strategies a guides to effective Instruction (8th ed.). USA: Houghton Mifflin Company

Permendikbud. (2013). No 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sa’dun, A. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Uno, H B. (2010). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats