KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2642Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran matematika realistik dan cooperative learning tipe Student Team Achievement Divison (STAD) ditinjau dari prestasi belajar dan kreativitas siswa SD pada Mata Pelajaran Matematika, (2) menyelidiki perbedaan keefektifan model pembelajaran matematika realistik dan model cooperative learning tipe STAD ditinjau dari prestasi belajar dan kreativitas siswa SD. Penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan desain Nonequivalent control group design. Terdapat dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi adalah siswa MIN Tempel dengan sampel siswa kelas IVA, IVB dan IVC. Uji beda menggunakan MANOVA. Penentuan tingkat keefektifan pembelajaran menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari prestasi belajar dan kreativitas siswa, (1) model pembelajaran matematika realistik dan model cooperative learning tipe STAD sama-sama efektif, (2) terdapat perbedaan kefektifan antara model pembelajaran matematika realistik dengan cooperative learning tipe STAD, (3) model pembelajaran matematika realistik lebih efektif daripada model cooperative learning tipe STAD.Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, prestasi, kreativitas
Downloads
Published
2014-01-01
How to Cite
Budiharti, B., & Jailani, J. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 27–41. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2642
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.