IMPLEMENTASI PMRI DENGAN ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF TERHADAP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Ida Nurmila Isandespha PGSD Universitas Ahmad Dahlan
  • Suwarjo Suwarjo Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap positif terhadap matematika dan motivasi belajar siswa kelas melalui PMRI dengan asesmen portofolio. Penelitian ini adalah Penelitian Tindak-an Kelas kolaboratif dengan guru kelas sebagai kolaborator pelaksana tindakan. Teknik pengumpulan data meliputi skala sikap siswa, wawancara, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap siswa, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap positif terhadap matematika dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran melalui pendekatan PMRI dengan asesmen portofolio. Skor sikap siswa sebelum tindakan adalah 76,50 deng-an kriteria cukup positif meningkat menjadi 81,50 dengan kriteria positif pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,79 dengan kriteria positif pada siklus II. Dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa siswa yang termotivasi untuk belajar lebih giat sebanyak 7,14% pada pra tindakan, kemudian meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 92,86% pada siklus II.

Kata kunci: PMRI, portofolio, sikap positif, motivasi

Downloads

Published

2013-01-01

How to Cite

Isandespha, I. N., & Suwarjo, S. (2013). IMPLEMENTASI PMRI DENGAN ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF TERHADAP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 70–84. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2318

Issue

Section

Articles