Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan inquiry terhadap penguasaan konsep dan scientific skill materi sistem pencernaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran dengan pendekatan guided dan Structured Inquiry terhadap kemampuan penguasaan konsep dan scientific skill siswa kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain pretest posttest comparison group design. Sampel penelitian adalah dua kelas XI IPA yang diambil secara acak, satu kelas Guided Inquiry dan satu kelas Structured Inquiry. Data yang diambil berupa nilai penguasaan konsep dan keterampilan scientific skill. Data dianalisis dengan menggunakan Uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan guided dan Structured Inquiry dapat meningkatakna penguasaan konsep siswa dengan perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Nilai N-gain kemampuan penguasaan konsep pada kelas Guided Inquiry lebih tinggi dibandingkan kelas Structured Inquiry yang artinya bahwa pendekatan Guided Inquiry lebih efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Kata Kunci: pendekatan guided inquiry, pendekatan structured inquiry, penguasaan konsep, keterampilan scientific skill
The Effect of Inquiry Learning Approach on the Mastery of Concepts
and Scientific Skill of Digestive System
Abstract
This research aims to reveal the effect of teaching by using the guided and Structured Inquiry approach on the ability of mastering concepts and scientific skill of Grade XI of SMAN 3 Yogyakarta. This research was quasi-experimental research conducted by using pretest-posttest comparison group design. The sample was two classes of grade XI majoring natural science established randomly, one Guided Inquiry class and one Structured Inquiry class. The data collected included the score of mastery of concepts and scientific skills t-test was used to analyze the data. The results of the study show that (1) teaching by using the Guided and Structured Inquiry approaches can improve students’ mastery of concepts and scientific skills with significant difference among both approaches. The score of N-gain mastery of concepts of the students in the Guided Inquiry class is higher than in Structured Inquiry class, which means that the Guided Inquiry approach is more effective in improving students’ mastery of concepts.
Keywords: guided inquiry approach, structured inquiry approach, mastery of concepts, scientific skills
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Alifa, N.R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri berpendekatan SETS materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan empati siswa terhadap lingkungan. Journal of Educational Research and Evaluation, 1, 133-138.
Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan validitas. Jakarta: Pustaka Pelajar
Khoirun, N., & Endang, S. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe connected pada materi pokok sistem ekskresi untuk kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, (1), 81-84
Llewellyn, D. (2011). Diferentiated science inquiry. Thousand Oaks: Corwin
Zuriah, N. (2009). Metode penelitian sosial dan pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Rezba, R.J., Spraque, C.S., Fiel R.L., Fun J.H., Okey J.R., Jaus H.H. (1995). Learning and assessing science process skills (3th ed). Iowa: Kendall/Hunt
Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana
Sudijono, A. (2005). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sukardjo. (2012). Buku pegangan kuliah, mata kuliah dan pendidikan sanis terpadu. Universitas Negeri Yogyakarta.
Uno, H. B., & Satria (2012). Assesment pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
National Science Education Standards (1996). Inquiry and the national science education standards: a guide for teaching and learning. Committee on Development of an Addendum to the National Science Education Standards on Scientific inquiry. Center for Science, Mathematics, and Engineering Ed. USA
Uswatun, D., & Rohaeti, E. (2015). Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 138 - 152. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7498
DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.9888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820
View My Stats