Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kurikulum Merdeka Berdiferensiasi dengan Pendekatan Kontekstual Terintegrasi Etnosains
Alvina Neratania, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Keywords
References
Ahmad, L. S., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130
Amaliah, K., Kurniawan, A., & Sholikahah, A. U. (2022). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains pada Sekolah Menengah Atas Mata Pelajaran Fisika. Studi Literature. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM) Universitas Muhammadiyah Metro, 4(1), 117–122. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/view/70
Asmita, A., Yulianti, D., Kurniawan, D. A., & Maison, M. (2022). Identifikasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran Fisika secara Daring pada Materi Dinamika Gerak di MAN 1 Tanjung Jabung Barat. Prosiding Amal Insani Foundation, 1, 06–20. https://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas
Astiti, K. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Kontekstual pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains, 3. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/
Bujuri, D. A., & Baiti, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3173
Dewantara, A. H. (2019). Soal matematika model PISA: Alternatif materi program pengayaan. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(2), 197–213. https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/186
Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hariyanto, B., Ita, M. Z., Wiwik, S. U., & Rindawati, R. (2022). 4D Model Learning Device Development Method of the Physical Geography Field Work Guidance Book. In MATEC Web of Conferences (Vol. 372, p. 05008). EDP Sciences. https://www.matec-conferences.org/articles/matecconf/pdf/2022/19/matecconf_icst2022_05008.pdf
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train Saraba Kawa characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14249
Haryadi, R., & Nurmala, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(1), 32. https://doi.org/10.32699/spektra.v7i1.168
Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95–101. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548
Idhartono, A. R. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91–96. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150
Ishmah, S. A., Silitonga, H. T. M., & Mursyid, S. S. (2016). Evaluasi Program Remedi Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41804
Istiqomah, R. M., Kurniawan, E. S., & Sriyono, S. (2019). Pengembangan bahan ajar fisika SMA berbasis masalah menggunakan android untuk meningkatkan kemampuan evaluasi peserta didik. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 28. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11366
Kuway, N. P., Muhajir, M., & Wahid, A. (2023). Meningkatkan Minat Peserta Didik dalam Mata Pelajaran IPAS melalui Pembelajaran Diferensiasi Menggunakan Bahan Ajar Digital. Jurnal Basicedu, 7(6), 3869–3877. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6490
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen pembelajaran sekolah dasar dalam kurikulum merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/penaanda/article/view/5019
Munawar. (2022). Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 15(2), 137–149. http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/144/0
Mutia Hariza Lubis, M. H. L. (2019). Efektivitas Model Based Learning (MBL) Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia. https://repository.upi.edu/40131/
Pakungwati, I. F., Ellianawati, & Fianti. (2018). Dampak Penguatan Apersepsi dan Pemberian Tugas terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal, 7(3), 11–17. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/download/27671/12146
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2173/1122
Putra, B. P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Keterbacaan E-Modul Berbasis SSCS (Search, Sole, Create, Share) Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Gelombang di SMA. Amplitudo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 2(1), 75–82. https://ejournal.unib.ac.id/jipf/article/view/25375/11284
Sarwi & Subali B. (2019). IPA Terpadu Berbasis Etnosains. Semarang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang.
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E. D., & Astuti, B. (2020). Analisis Hasil Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Ayat Al-Quran. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 9–17. https://journal.unnes.ac.id/sju/upej/article/view/38276
Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan.
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197
DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v10i2.76663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820
View My Stats