Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berkonteks Socio-Scientifict Issues (SSI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Pencernaan

Maitsaa Rihhadatul Aisy, Universitas Tidar, Indonesia
Eli Trisnowati, Universitas Tidar, Indonesia
Siswanto Siswanto, Universitas Tidar, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio-Scientifict Issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperiment desain. Populasi pada penelitian yaitu siswa Kelas VIII SMP N 2 Subah tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara acak karena tidak ada kelas unggulan. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes (pretest dan posttes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis uji T menggunakan Independent Sample t-test sebesar 0,00 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dari kedua kelas. (2) Hasil uji N-Gain kelas eksperimen memperoleh nilai yang lebih tinggi yaitu 0,628 menunjukkan bahwa kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL berkonteks SSI mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis lebih besar. (3) Hasil uji effect size sebesar 1,1659 dengan kategori tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berkonteks Socio-scientifict Issues (SSI) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis.


Keywords


Problem Based Learning; Socio-Scientifict Issues; Kemampuan Berpikir Kritis

References


Andryani, F., dkk. (2016). Penerapan pendekatan SSI (socio-scientifict issues) dengan menggunakan media power point terhadap kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa baru angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 64-66.

Aristawati, N. K., Sadia, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Fisika Siswa SMA. JPFF, 8(1), 1–11.

Ariyati, Titik. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 8 (1), 47-54.

Azizah, D. N., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berkonteks socio scientific issues terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi asam basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(1), 12-18.

Azmi, R. N. (2020). Pengaruh Model Socioscientific Issues Teaching and Learning (SSI-Tl) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gejala Pemanasan Global. Bachelor's thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cahyaningsih, F., & Roektiningroem, E. (2018). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Jurnal TPACK IPA, 7(5), 239-244.

Dawson, V., & Carson, K. (2017). Using climate change scenarios to assess high school students’ argumentation skills. Research in Science & Technological Education, 35(1), 1-16.

Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 426-429.

Fihani, N., dkk. (2021). Pendekatan Socio-Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Konsep Virus. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 186-192).

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Soemarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Juannita, J., & Adhi, B. P. (2017). Pengembangan media pembelajaran sistem pencernaan manusia untuk Kelas 8 SMP dengan fitur augmented reality berbasis android (Studi Kasus: SMPN 7 Depok). PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 1(1), 76-81.

Lestari, S., Saidil M., & Ida R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Biologi “Bioscientist”, 6 (1)

Muniroh, A. (2015) Academic Engagement Penerapan Model Problem Based Learning di Madrasah. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Jurnal Raudhah, 5(2).

Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh bahan ajar berbasis socio-scientific issues pada materi pemanasan global untuk melatih kemampuan literasi sains siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4162

Nurdyansyah, N., dkk. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 8(1), 35-42.

Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi pokok listrik statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79-84.

Qamariyah, S. N., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Alsulami, N. M. (2021). The Effect of Implementation of Inquiry-Based Learning with Socio-Scientific Issues on Students' 578 Higher-Order Thinking Skills. Journal of Science Learning, 4(3), 210-218.

Qomariyah, E. N. (2016) Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2). 132–141.

Ratna, dkk. (2017). Critical Thingking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 01(02).

Sari, E. N., Fauziah, H. N., Muna, I. A., & Anwar, M. K. (2021). Efektivitas model pembelajaran scramble dengan pendekatan socio-scientific terhadap rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 354–363.

Sari, K. A., Lusa, H., & Yusuf, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sdn Kota Bengkulu. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 99-106.

Septiningrum, D., Khasanah, N., & Khoiri, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Materi Virus Berbasis SocioScientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 87-104.

Shihab, N. (2019). Literasi Menggerakkan Negeri. Lentera Hati.

Shoba, T. M., Hardianti, R. D., & Pamelasari, S. D. (2023). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issue (SSI) Berbantuan Modul Elektronik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Shoba, T. M., Hardianti, R. D., & Pamelasari, S. D. (2023). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issue (SSI) Berbantuan Modul Elektronik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Sinambela, P. N. J., dkk. (2022). Model-Model Pembelajaran. Serang: Sada Kurnia Pustaka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menerapkan Prinsip Penggunaan Bahan Tambahan Makanan (BTM) di SMK 2 Indramayu (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Wahyudi, Andi. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal BIO-PEDAGOGI, 4 (1).

Wilsa, A. W., Susilowati, S. M. E., & Rahayu, E. S. (2017). Problem based learning berbasis socio-scientific issue untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 129-138.

Yuliati, L. (2013). Efektivitas bahan ajar IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1).

Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400-2409.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v10i2.75231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:
 


Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820

View My Stats