BUKU PEGANGAN GURU TK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Siti Partini,
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian tahun ke 2 adalah Finalisasi materi Buku Pegangan Guru TK dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta
Lokasi penelitian di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan pusat Budaya Jawa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah Guru Taman Kanak-kanak baik di desa maupun di Kota, para pakar pendidikan bahasa Jawa, dan pakar pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan Focus Group Discussion. Analisis data dilakukan dengan analisis induktif dengan memfokuskan pada penentuan isi buku pegangan guru TK.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) finalisasi materi Buku Pegangan Guru TK dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta berisi butir-butir penting bahasa Jawa yang perlu diajarkan kepada anak usia TK adalah penggunaan bahasa Jawa sebagai sarana pendidikan sopan santun dalam pergaulan sehari-hari, pengenalan lingkungan, makanan tradisional, kesenian, dan adat istiadat; (2) Telah tersusun draf Buku Pegangan Guru TK dalam pembelajaran Bahasa Jawa dengan judul ” Buku Piwulang Basa Jawa: Tuntunan kanggo Guru TK” berisi tema lingkungan, kasarasan, tetuwuhan lan kewan, dolanan/ lelagon, pangupajiwa/ pakaryan, dan wayang.
Kata kunci: buku pegangan guru TK, pembelajaran bahasa Jawa
Abstract
This article aims to finalizing the handbook of Kindergarten about Javanese language study in Yogyakarta. The setting of this research is in Yogyakarta province which is the center of Javanese culture. It was kulaitatif research. The informan was the kindergarten teachers in village or town, Javanese language and education expert. Data collected with interview and Focus Group Discussion. Data analized with inductive analize.
The research result were (1) finalization the handbook of Javanese language method in Kindergarten, (2) the study of the handbook with the title ”Buku Piwulang Basa Jawa: Tuntunan kanggo Guru TK” .
Keywords: handbook, Javanese language teaching, kindergartenFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v4i10.12015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Cited By
Ikadbudi