PENGARUH E-COMMERCE DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/efisiensi.v19i2.51906Keywords:
e-commerce, lingkungan keluarga, minat berwirausaha, family environment, interest in entrepreneurshipAbstract
Abstrak: Pengaruh E-Commerce dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Desain penelitian yang dipakai peneliti dalam penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan perportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara e-commerce dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha baik parsial maupun secara simultan. Diketahui bahwa e-commerce dan lingkungan keluarga dalam penelitian ini mempengaruhi variabel terikat yaitu minat berwirausaha sebesar 48,8%.
Kata kunci: e-commerce; lingkungan keluarga; minat berwirausaha.
Abstract: Effect of E-Commerce and Family Environment on Student Entrepreneurial Interest. This study aims to determine the effect of e-commerce and the family environment on the entrepreneurial interest of students at the Faculty of Teacher Training and Education. The research design used by the researcher in this research is quantitative associative. The sampling technique in this study used perportionate stratified random sampling. The data collection technique was carried out with a closed questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 25 program. The results of this study were that there was a positive and significant influence between e-commerce and the family environment on the interest in entrepreneurship, either partially or simultaneously. It is known that e-commerce and family environment in this study affect the dependent variable, namely the interest in entrepreneurship by 48.8%.
Keywords: e-commerce; family environment; interest in entrepreneurship.
References
Alifuddin, Moh. and Razak, Mashur (2015) Kewirausahaan: Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. MAGNAscript Publishing, Jakarta Timur, i-226. ISBN 9786027795044
Ardiyani, N., & Kusuma, A. (2016). PENGARUH SIKAP, PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. E-Jurnal Manajemen, 5(8). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/22693
Maryama, S. (2013). Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity, 2(1), 73-79.
Oktarina, H., Agung, E. A., & Aswad, S. H. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia. SNEB : Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis Dewantara, 1(1), 49-54. https://doi.org/10.26533/sneb.v1i1.411
Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-Commerce) Tahun 2017-2019. Jakarta: Sekretariat Kabinet RI, Deputi Bidang Perekonomian.
Sari, B., & Rahayu, M. (2020). Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan E-commerce pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 2(3), 20–29.
Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 113-131. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318
Trihudiyatmanto, M. (2019) "Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender", Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), pp. 93-103. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.678.
Wiani, A., Ahman, E., & Machmud, A. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT DI KABUPATEN SUBANG. Manajerial, Vol. 3 No.5 Juni 2018, 3(5), 227–238. doi: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11843
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64 - 69. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.