Implementasi Pendekatan Fenomenologis dalam Penelitian Pendidikan

Authors

  • Suranto Aw

DOI:

https://doi.org/10.21831/efisiensi.v6i3.3908

Keywords:

metode penelitian, fenomenologis

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada gradasi yang lebih tinggi, maka setiap upaya meningkatkan kualitas pendidikan perlu dilakukan melalui penelitinan. Supaya penelitian dapat memberikan informasi atau temuan yang akurat, maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat. Fenomenologi merupakan salah satu altematif pendekatan untuk diimplementasikan dalam rangka melakukan penelitian dan kajian keilmuan kependidikan. Dalam pandangan fenomenologi, gejala proses pendidikan itu bersifat holistik (menyeluruh, tidak dapat dipisah-pisahkan), sehingga peneliti tidak akan melaksanakan penelitiannya hanya berdasarkan variabel, tetapi keseluruhan geja1a empiris itu meliputi aspek tempat (place), pelaku (actor), dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis. Implementasi pendekatan fenomenologis telah menambah variasi metodologi riset untuk memahami persoalan­persoalan pendidikan, sehingga pada akhirnya diperoleh temuan­ temuan aktual guna meningkatkan pembaharuan pelayanan publik termasuk pendidikan.


Downloads

Published

2015-03-14

How to Cite

Aw, S. (2015). Implementasi Pendekatan Fenomenologis dalam Penelitian Pendidikan. Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 6(3). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v6i3.3908