PENGARUH PENGETAHUAN DAN ORIENTASI RELIGIUS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH ISLAMIC MINI BANK FE UNY

Authors

  • Isroah Isroah
  • Mimin Nur Aisyah
  • Amanita Novi Yushita

DOI:

https://doi.org/10.21831/efisiensi.v14i1.16477

Keywords:

pengetahuan konsep perbankan syariah, pengetahuan produk, orientasi, religius, Islamic Mini Bank (IMB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pengetahuan tentang konsep perbankan syariah terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY; 2) Pengaruh pengetahuan tentang produk IMB terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY; 3) Pengaruh orientasi religius terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY; 4) Pengaruh pengetahuan tentang prinsip dan konsep perbankan syariah, pengaruh pengetahuan tentang produk IMB, serta pengaruh orientasi religius secara bersama-sama terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan tentang prinsip dan konsep perbakan syariah berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY (koef 0,317; sig 0,045); 2) Pengetahuan tentang produk IMB berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY (koef 0,556; sig 0,0002); 3) Orientasi religius tidak secara signifikan mempengaruhi minat untuk menjadi nsabah IMB (koef 0,114, sig 0,171); dan 4) Pengetahuan tentang prinsip dan konsep perbankan syariah, pengetahuan tentang produk IMB, dan orientasi religius secara simultan berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY (koef 0,109; 0,472; 0,071 dan sig 0,014)

Downloads

Published

2017-10-21

How to Cite

Isroah, I., Aisyah, M. N., & Yushita, A. N. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN DAN ORIENTASI RELIGIUS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH ISLAMIC MINI BANK FE UNY. Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 14(1), 46–69. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v14i1.16477