Media Pembelajaran Gamifikasi Wordwall Labelled Diagram Berbasis STEM untuk Berpikir Kritis Siswa SD dalam Pembelajaran IPS

Khuldiana Azizah Fauziyati, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
Sriyanto Sriyanto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

Abstract


Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa di abad ke-21 untuk menghadapi permasalahan dan tantangan dalam kehidupan personal dan sosialnya adalah berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran gamifikasi wordwall labelled diagram berbasis (Science, Technology, Engineering, And Math) STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gamifikasi wordwall labelled diagram sebagai media pembelajaran IPS berbasis (Science, Technology, Engineering, And Math) STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain one group pretest–posttest. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 4 Kalibagor Kecamatan Kalibagor. Sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa, yaitu 7 laki-laki dan 14 perempuan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal uraian berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis menurut Ennis diantaranya elementary clarification, basic support, inference, advance clarification, and srategy and tactics. Tes keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan dua tahap yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan perolehan hasil persentase nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis pada soal pretest adalah 58,7% dengan kategori cukup, sedangkan pada soal posttest adalah 81,2% dengan kategori sangat baik. Uji Hipotesis yang digunakan adalah uji paired sample t test, hasil yang diperoleh melalui software IBM SPSS versi 25 dengan (0,05%) didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga adanya pengaruh gamifikasi wordwall labelled diagram sebagai media pembelajaran IPS berbasis (Science, Technology, Engineering, And Math) STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas Tinggi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529

Dwi, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring Di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i1.2082

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Kasa, B., Taneo, S. P., Lehan, A. A. D., Bol, A., Benu, N., Bulu, V., Loko, L. E., & Nota, M. C. G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring ( Online ) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Haumeni Journal of Education, 1(2), 154–159.

Lestari, H., Sopandi, W., Sa’ud, U. S., Musthafa, B., Budimansyah, D., & Sukardi, R. R. (2021). The impact of online mentoring in implementing radec learning to the elementary school teachers’ competence in training students’ critical thinking skills: A case study during covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 346–356. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.28655

Lestari, Y. I., Amalia, R., & Nugraha, D. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Video “ Kerinda : Kerajaan Hindu - Buddha ” serta Games Wordwall sebagai Media Belajar IPS di Sekolah Dasar. 4(5), 6606–6616. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.2893

Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235

Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455.

Nur, N., & Jauhar, S. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Teaching Professional, 1(3), 371–378. https://doi.org/DOI.10.35458

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter, 1(5), 452–457. https://doi.org/https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Purwanta, H.; Novianto, V.,; Sriyanto, S. (2019). VARIABEL-VARIABEL ESENSIAL PENELITIAN PENDIDIKAN: PEMBELAJARAN. UNS Press.

Suci, Y. T. (2018). Examining Vygotsky’s Theory and Social Interdependence as The Theory of the Theory in the Implementation of Cooperative Learning in Primary Schools. NATURALISTIC: Journal of Education Research and Learning Studies, 3(1), 231–239. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269

Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v7i1.2024

Symonds, Q. (2014). Britain and the Global Index of Cognitive Skills and Educational Attainment. https://www.qs.com/britain-and-the-global-index-of-cognitive-skills-and-educational-attainment/

Zuryanty, Hamimah, Ary Kiswanto Kenedi, Y. H. (2020). Pembelajaran STEM Di Sekolah Dasar (Deepublish (ed.)). Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=zaAaEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Zuryanty,+Hamimah,+Kenedi,+A.+K.,+%26+Helsa,+Y.+(2020).+Pembelajaran+Stem+Di+Sekolah+Dasar.+Yogyakarta+:++Deepublish.+Https://Books.Google.Co.Id/Books%3FId%3DZaaaeaaaqbaj&ots=Z8Pj




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.62031

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.62031.g20819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khuldiana Azizah Fauziyati, Sriyanto Sriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats