Improving Responsibility and Mathematical Critical Thinking of Grade IV A Students of SDN Kentungan Through Contextual Learning Model
Christiyanti Aprinastuti, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
M.M. Suyatini, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Fitri, Agus Zaenul. (2012). Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdayama,J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter.Bogor: Ghalia Indonesia.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Johnson, Elaine B. (2006). Contextual Teaching and Learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Ed. Rev. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniasih, I. dan Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013 konsep dan penerapannya. Surabaya: Kata Pena.
Kuswana, Wowo Sunaryo. (2012). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Rosda.
Maulida. (2014). Pengaruh subject specific pedagogy tematik integratif terhadap karakter kedisiplinan, tanggungjawab, dan peduli lingkungan siswa kelas I sekolah dasar negeri 01 Singkawang Tengah Kalimantan Barat. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Mujis, D. d. (2008). Effective Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Muslich, M. (2007). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Akasara.
Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Familia.
Nurhadi. (2003). Pendekatan Konstekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
Priansa. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setiawan. (2014). Pendekatan ctl dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Diakses http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/406. Diunduh pada 15 Februari 2021.
Shoimin, Ari (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono. Agus (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. (2016). Model-Model Pemblejaran (Edisi Kedua). Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zubaedi. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v4i2.41066
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v4i2.41066.g17136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Alip Tripambudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by