VERBS DAN VERBALS SERTA PERMASALAHANNYA BAG1 PEMBELAJARAN MAUPUN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI INDONESIA

Kusman Abdi,

Abstract


'Verb" &lam wmua blimal bahasa Inggris, wpeni juga subjek, mempakan
unsur yang ham a&. Dengan kala lain, keduanya merupabn unsur-unsur primer yang
lidak boleh dilupabn kapan saja kila menggunabn baik lisan maupun tenulis, paling
tidak xcara 'impliit'. Verbal, di pihak lain, membuat kila semakin bingung dalarn
menganikan apa suatu benluk itu adalah 'verb' atau suatu 'verbal; ?tau bahkan malah
tidak atau belum lahu sama &bli bahwa 'verb' itu berbeda dari 'herbal‘. Karcna begitu
banyaknya permasalahan yang terkandung dalam 'verb' dan 'verbal', ierbdang kib, para
pelajar, pembelajar, alau bahkan pengajar lingkal tenenlu, mengalami liesulilan dalarn
mempelajari alau lebih-lebih menguasainya.
Banyak orang tejebak aleh 'verb' dan 'verbal' karena kebelumtahuan mereka
tentane am yanR disebul 'verb' dan ap.a .y aw- disebul 'wrbal'. Keduanva memane
memp~nyb~;in i&-benluk yang mirip, namun mempunyai fungsi yang &. ~pabiG
fungsinya terbe$a, ani yang lerkandung.dalam 'verb' dan 'verbal' juga berbeda. Apabila
fungsinya berbeha;maksid si pengguna, baik tenulis maupun lisan, al;an berbeda pula.
Untuk menchindad salsh maksud anlara oembicard~enulis di sat" oihak dan
pendengar/&?baca di pihah lain, pedu ada &aha untuk'mengelahui bahwi 'verb' ilu
memang bcrbeda dari 'verbal'.
Denran meneelahui ienir, bentuk, dan funmi dari suatu 'verb' atau 'verbal'.
'diharapkan para pengbuna bahasa ing& &an bi&menginterpreIasibn maksud atau
tujuan dari ri pembicara atau si penulis blimat-kalimal lenentu. Unluk mengerahui
hal-ha1 atau tan&-tanda lenentu kapan suaru benluk diwbut 'verb' alau 'verbal' h a m
a& kaidah-kaidah alau landa-tanda tenentu yang ham dikuasai oleh para pengguna
bahasa Inggris.
Kaiena kenyataan gang masih Lila jumpai di masyarabt, yailu kctelumlahuan
mereka tentang 'verb'maupun 'verbal', perlu dijelasbn lebih lanjul bahwa kedua ha1
temeteul memang berbeda. Hal ini penting terulama bagi mereka yang ingin berbahasa
Inggrisdengan baik dan benar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats